Scroll to Top

Bagian yang Rusak Saat Starter Elektrik Motor Mati

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 10 Jan 2012

Banyak motor keluaran sekarang yang dibekali dengan starter elektrik. Tombol ini memudahkan pengemudi untuk menyalakan motor tanpa perlu menggeber pedal. Tinggal pencet, motor pun menderu.

starter elektrik

Namun cukup mengesalkan bila sedang dibutuhkan, tombol ini mendadak tidak berfungsi. Biasanya, kalau tidak segera diperbaiki, Anda pun akan kembali menggunakan pedal starter untuk menghidupkan mesin. Meski Anda mungkin awam dengan cara kerja  starter elektrik, sebaiknya Anda tahu perkiraan bagian mana saja yang rusak ketika tombol ini tidak bisa dipakai.

Dikutip dari SuaraMerdeka, ada tiga komponen utama yang menggerakan starter elektrik ini. Kemungkinan kerusakan ada di tiga komponen tersebut.

  • Aki. Aki soak menjadi salah satu penyebab starter elektrik tidak jalan. Cek saja klakson Anda. Kalau bunyinya tidak nyaring, kemungkinan arus listrik di aki cukup lemah untuk menyalakan motor Anda.
  • Swicth starter. Tombol starter ini rusak kalau muncul suara “cetak-cetak”. Mungkin saja pada bendik masih ada arusnya. Namun, kekuatannya tidak mampu memutar dinamo starter. Memastikannya, lakukan jumper dengan menghubungkan tangkai obeng pada kedua terminal kabel bendik. Jika rusak, ganti saja bendiknya.
  • Dinamo. Yang sering rusak di bagian ini adalah arang kumparannya (brush), meski tidak menutup kemungkinan lain. Kumparan akan aus seiring pemakaian yang menyebabkan tidak listrik dari bendik tidak bisa masuk untuk menggerakkan gir yang menyambung ke kruk-as. Kalau sudah begini, arang kumparan minta diganti. Kalau muncul suara mengerik dari dinamo, mangku as rotor biasanya kurang pelumas sehingga perlu diservis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda