Scroll to Top

Wah! Ubi Jalar Dibuat Wine

By C Novita / Published on Tuesday, 10 Jan 2012

Universitas Udayana, tepatnya fakultas kedokteran, telah mengadakan penelitian untuk meningkatkan nilai jual ubi ungu, dengan mengolahnya menjadi minuman keras atau wine.

Jika selama ini ubi ungu, atau nama latinnya Ipomea Batatas, hanya diolah sebagai bahan makanan dengan nilai jual yang tidak terlalu tinggi, maka berkat penelitian tersebut, nilai jual ubi ungu menjadi lebih baik.

Wine dari ubi jalar ungu ini termasuk penemuan baru yang tentu saja harus segera diurus hak patennya, sebelum diklaim oleh negara atau perusahaan lain.

Guru Besar Universitas Udayana, Prof Dr Ir Dewa Ngurah Suprapta berujar,

“Terobosan seperti itulah yang diperlukan untuk mengangkat dan memanfaatkan potensi lokal, yang akhir-akhir ini kurang dikembangkan petani, karena sulit dalam bidang pemasaran”

Dan produksi itu telah terbukti mendapat respon yang bagus dari kalangan wisatawan mancanegara maupun masyarakat lokal. Seperti diketahui, bahwa wisatawan mancanegara terutama yang berasal dari Amerika dan Eropa punya kebiasaan mengkonsumsi wine, yang masuk dalam kategori anggur.

Perbotol, wine ubi ungu ini dapat diperoleh dengan harga sekitar Rp. 150.000-175.000,-

Dan harap diingat, karena ini wine yang berarti minuman keras, maka tentu saja mengandung alkohol yang berasal dari fermentasi ubi ungu tersebut.

Kadarnya sekitar 4,5%, dan tanpa tambahan gula dan etanol(alkohol) buatan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda