Scroll to Top

Ubuntu TV, Televisi Berbasis Linux Keluaran Canonical

By Ivan Azzam / Published on Tuesday, 10 Jan 2012

Yang namanya televisi bisa dikatakan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat masa kini. TV kini menjadi sebuah kebutuhan primer bagi dunia modern, apalagi perkembangan televisi dari masa ke masa semakin canggih, HDTV, Plasma TV dan sebagainya, semuanya adalah bentuk kecanggihan dari TV, ditambah lagi dengan adanya internet yang hadir di bermacam perangkat termasuk TV.

Linux TV

Tentunya anda tidak asing dengan Apple TV misalnya, kali ini, ada produk sejenis yang dikeluarkan oleh salah satu perusahaan besar di AS, yang juga memiliki distribusi Linux yang mendunia, apa lagi kalau bukan Ubuntu, dengan Canonical sebagai sponsornya.

Pada event CES 2012, Canonical menunjukkan konsep terbaru miliknya mengenai TV yang menjalankan Ubuntu, tentu versi yang sudah dimodifikasi, dan di TV ini Ubuntu akan menggunakan user interface Unity, yang memang sudah menjadi UI standar di setiap versi terbaru Ubuntu.

Dan fitur yang ditawarkan Ubuntu TV + UI Unity seperti mendengarkan lagu, menonton film, browsing YouTube, melalui internet tentunya. Di Ubuntu TV kita juga bisa menyewa atau membeli film, lagu, dan semacamnya, intinya adalah pengguna mencari konten-konten yang disediakan Canonical.

Lalu apa alasan Canonical mengeluarkan produk ini? CEO Jane Silber mengatakan agar ada sebuah alternatif di pasaran TV, dan banyak perusahaan yang berminat untuk memproduksi TV ini.

Canonical sendiri mengatakan baru ada dua pasar yang menjadi tujuan utama, yaitu AS dan Cina, tapi, jika di kedua pasar tersebut mendapat sambutan baik, sangat mungkin Ubuntu TV akan dijual di negara lain, Indonesia juga tentunya. Bagaimana? Mungkin anda tertarik memiliki TV yang menjalankan Linux? Lihat video Ubuntu TV dibawah ini:

(via Geek)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda