Scroll to Top

Seorang DJ Memenangkan Gugatan 1 Juta Dollar Atas Lagu BEP “My Humps”

By Andhika / Published on Saturday, 25 Jun 2011

The Black Eyed Peas Video My HumpsSeorang DJ dan mantan musisi rap, Orrin Lynn Tolliver, Jr. telah memenangkan kasus gutatan atas lagu miliknya yang digunakan oleh Black Eyed Peas untuk membuat “My Humps”.

Namun, kasus gugatannya bukan antara Tolliver dan BEP secara personal, namun dengan mantan kolaboratornya, James McCants. Pada awal tahun 80an, Tolliver membentuk sebuah grup bernama “Sexual Harassment” dan merekam single “I Need A Freak” berkolaborasi dengan James McCants. Rekaman dilakukan di studio milik McCants di Heat Records.

Lagu itu kemudian didaftarkan pada BMI dan Tolliver memiliki hak sebagai penulis lagu. Tolliver juga berhak atas pembayaran sebesar 75% sebagai royalti.

Namun, kemudian pada tahun 2000, lagu tersebut dimasukkan dalam sebuah kompilasi lagu rap “In Da Beginning… There Was Rap“. Lagu tersebut kemudian juga digunakan sebagai sample untuk lagu “My Humps” milik BEP. Tolliver menuduh McCants memberi lisensi tanpa persetujuan dirinya dan kasus pun bergulir ke pengadilan.

Pada Selasa lalu (21/6/11) pengadilan telah memutuskan McCants berhutang sebesar $816,877.28 untuk keuntungan atas penjualan lagu tersebut dan diharuskan pula membayar kerugian atas pelanggaran hak cipta sebesar $367,704.31

Jika dijumlahkan, maka Tolliver akan mendapatkan uang sebesar $1,184,581.59 atau dirupiahkan menjadi sekitar 10 Milyar lebih (kurs 9000, Rp. 10.661.234.310), wow.. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda