Scroll to Top

Nicolas Steno, Logo Google Hari Ini

By Cherlya / Published on Wednesday, 11 Jan 2012

nicolas stenoNicolas Steno adalah pelopor anatomi dan geologi berkebangsaan Denmark. Di tahun 1659 dia memutuskan untuk tidak mempercayai apapun yang ditulis dalam buku, dan melakukan penelitian sendiri. Dia dianggap sebagai bapak geologi dan stratigrafi.

Nicolas Steno lahir di Kopenhagen tepat di Tahun Baru 1638, putra seorang pengrajin emas Lutheran yang bekerja untuk Raja Christian IV dari Denmark. Steno tumbuh terisolasi di masa kecilnya akibat penyakit yang tidak diketahui.

Pada tahun 1644 ayahnya meninggal, setelah itu ibunya menikah lagi dengan pandai emas lainnya. Setelah menyelesaikan pendidikannya di universitas, Steno berangkat untuk perjalanan mengelilingi Eropa, bahkan, ia menghabiskan sisa hidupnya dengan travelling. Di Belanda, Perancis, Italia dan Jerman ia menjalin kontak dengan dokter terkemuka dan ilmuwan.

Pengaruh ini menuntunnya untuk melakukan observasi dengan kekuatannya sendiri demi membuat penemuan-penemuan ilmiah penting. Pada saat pertanyaan-pertanyaan ilmiah sebagian besar dijawab dengan pendekatan ke otoritas kuno, Steno cukup berani untuk mempercayai apa yang dilihatnya sendiri, bahkan ketika hasil pengamatannya berbeda dari doktrin tradisional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda