Scroll to Top

Bunga-Bunga Cantik Tumbuh di Gurun Terkering Sedunia

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 12 Sep 2017

gurun bunga1

Gurun pasir identik wilayah luas yang tandus dan penuh pasir sejauh mata memandang. Adanya oase atau tanah subur bermata air pun terbilang sangat terbatas. Pastinya, tanda-tanda kehidupan cukup jarang ditemukan di gurun pasir selama tidak ada pasokan air. Namun yang terjadi di Gurun Atacama ini unik. Di sana terdapat sebuah area yang penuh dengan bunga bermekaran.

Gurun tersebut berada di Chili, Amerika Selatan. Saat ini gurun ini berpredikat paling kering sedunia. Nyaris tidak ditemui hujan di wilayah yang mencapai 105 ribu kilometer persegi itu. Tidak ada yang menarik di sana. Hingga, datanglah hujan di awal 2017 lalu dan memberikan aura kehidupan di Gurun Atacama.

Hujan yang langka ini telah menumbuhkan tanaman bunga di gurun. Area yang ditumbuhi pun memunculkan pesona warna-warni bunga nan indah. Peristiwa seperti itu sering dinamakan dengan desierto florida yang menunjukkan terjadinya gurun berbunga. Dikutip dari laman Intisari, hadirnya hujan telah menumbuhkan sekira 200 tanaman di Gurun Atacama. Umumnya tanaman bunga berkecambah di gurun berlangsung di bulan Maret.

gurun bunga 2

Menurut ilmuwan, bermekarannya bunga di Gurun Atacama kemungkinan dipicu fenomena El Nino. Penguapan air terjadi cukup tinggi di kawasan Pasifik Selatan. Selanjutnya, awan yang mengandung air melepaskan hujan lebih banyak di Amerika Selatan. Pada masa sebelumnya, Gurun Atacama termasuk cukup rendah curah hujannya hanya berkisar kurang dari 3 milimeter setiap tahunnya.

Salah satu keunikan bunga di Gurun Atacama adalah perubahan warnanya. Jika beruntung bisa menemui perubahan warna bunga menjadi putih, hijau, kuning atau ungu selama beberapa bulan ke depan dari yang awalnya merah. Banyak wisatawan yang berkunjung ke gurun ini setelah mendengar kabar bermekarannya bunga.

Komentar Anda