Scroll to Top

Kreativitas Lagi Buntu? Lagu Seperti Ini Bantu Munculkan Ide Segar

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 12 Sep 2017

mendengarkan-musik

Ada sebagian pekerjaan yang menuntut kreatifivitas cukup tinggi. Kadang masalah utama yang dihadapi adalah kebuntuan ide. Jika sudah begitu, pekerjaan menjadi terhambat sampai ide baru terlintas di pikiran. Untuk masalah seperti ini sebenarnya dapat dibantu solusinya dengan mendengarkan musik.

Namun bukan sembarang jenis musik. Agar kreativitas dapat stimulasi, diperlukan musik dengan nada yang bahagia. Pengaruh musik bahagia dengan kreativitas ini telah diungkap melalui penelitian yang dilakukan tim gabungan Universitas Radbound di belanda dengan Universitas Technology di Australia.

Studi tersebut menemukan ada perbedaan hasil kreativitas dari relawan yang mendengarkan musik, dengan berbagai genre. Sebanyak 155 relawan dewasa dilibatkan dalam studi.Mereka dibagi ke dalam lima kelompok. Empat kelompok diminta mendengarkan lagu dengan genre berlainan. Sementara satu kelompok tidak diperdengarkan musik.

Lagu-lagu yang diperdengarkan bertema bahagia, menenangkan, sedih, dan cemas. Riset ini difokuskan untuk mengukur cara berpikir divergen atau memunculkan ide baru dari setiap relawan.Mereka juga dinilai cara berpikir konvergennya, atau kemampuan memecahkan masalah.

Hasilnya, kelompok yang mendengarkan lagu klasik “Spring” dari Antonio Vivaldi yang bertipe bahagia tampak paling efektif untuk memunculkan ide dibanding lagu lainnya. Peneliti mencatat bahwa lagu ini memberikan peningkatan dalam kreativitas dengan mengombinasikan pembangkit mood dan dorongan energi positif dari lagu.

Hanya saja peneliti tidak menemui pengaruh signifikan dari semua lagu dalam mendorong peningkatan kemampuan berpikir konvergen. Stimulasi ekternal seperti mendengarkan lagu lebih cocok untuk membangkitkan ide. Sementara untuk kemampuan konvergen lebih tepat seseorang berada dalam keheningan.

Studi ini diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE.

Tagged as:

Komentar Anda