Scroll to Top

Saat Perut Kosong Sebaiknya Makanan Ini Jangan Dikonsumsi Dulu

By C Novita / Published on Wednesday, 13 Sep 2017

lapar

Lapar dan perut yang kosong kadang membuat orang akan langsung menyantap hidangan apapun yang ada di meja tanpa pikir panjang. Kebiasaan itu sebenarnya kurang baik karena ternyata ada beberapa jenis bahan makanan yang tidak disarankan dikonsumsi dalam kondisi perut kosong.

Jika Anda nekat mengonsumsinya, maka bisa timbul gangguan pencernaan yang membuat Anda sakit perut atau malah kembung. Berikut ini beberapa jenis makanan yang tak disarankan untuk dikonsumsi bila perut sedang kosong:

Buah pisang

Kandungan magnesium yang tinggi pada buah pisang kurang baik bagi perut yang kosong. Ini akan membuat penyerapannya menjadi lebih cepat, dan kadar magnesium jadi tinggi dalam darah Anda. Akibatnya bisa buruk bagi kesehatan jantung.

Makanan manis

Sejatinya, makanan manis dan tinggi gula tak disarankan bagi perut yang kosong. Ini bisa memicu naiknya kadar insulin, dan membuat pankreas bekerja keras. Efek jangka panjangnya adalah resiko penyakit diabetes akan meningkat.

Tomat

Kandungan asam tannic pada tomat dapat memicu penyakit tukak lambung jika Anda konsumsi saat perut kosong. Sebaiknya hindari dulu minum jus tomat atau makan buah tomat apabila Anda belum makan makanan lain.

Soda

Minum soda pun tak dianjurkan bagi perut yang sedang kosong, karena dapat membuat kerja pencernaan terganggu. Sirkulasi darah di perut juga terganggu, dan membuat lapisan lendir jadi rusak.

Makanan pedas

Jika Anda mengonsumsi makanan pedas saat perut masih kosong maka dapat merangsang kerja sistem pencernan untuk mengeluarkan asam lebih banyak. Ini akan membuat perut sakit dan kembung.

Yogurt

Walau ini adalah minuman sehat, akan tetapi saat diminum dalam kondisi perut kosong dapat membuat asam klorida yang disekresi di perut membahayakan pencernaan.

 

 

 

Komentar Anda