Scroll to Top

Indonesia, The Real Twitterland?

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 11 Jan 2012

tweets-by-country

Eric Fischer seorang kartografer baru-baru ini telah menciptakan sebuah peta digital untuk memetakkan gerakan fisik pengguna Twitter di dunia. Dan hasilnya, wilayah Indonesia tampak paling padat. Seperti apa?

Pada peta yang dibuat Eric Fischer, nampak beberapa warna yang menunjukkan gerak aktivitas Twitter seseorang. Gerak ini meliputi tweet dan balasan tweet atau mention.

Warna hijau menunjukkan gerakan fisik pengguna. Ungu menggambarkan balasan kicauan dan warna putih adalah kombinasi diantara keduanya. Darimana Eric Fischer mendapatkan data ini? Ia mengaku memerolehnya dari analisa geotagging Twitter.

Hasil Eric Fischer dapat disimpulkan secara sederhana jika Indonesia adalah wilayah paling sibuk dalam urusan lalu lintas masuk dan keluar kicauan di seluruh dunia. Sepertinya rakyat negeri ini begitu kecanduan nge-tweet.

Seperti dilaporkan Mashable dan dikutip SidomiNews, data ini diperkuat oleh studi pada tahun 2012. Sebuah riset yang dilakukan ComScore MobiLens pada bulan April – Juni 2010, Indonesia memiliki penetrasi sebanyak 20,8 persen dari total penduduk.

Angka ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga seperti Singapura (13,3 persen) dan Malaysia (7,7 persen). Bahkan negeri dimana Twitter itu berasal, Amerika Serikat, hanya memiliki penetrasi sebesar 11,9 persen saja.

Well, nampaknya Indonesia memang benar-benar the real twitterland.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda