Scroll to Top

Game Fight of Gods Diblokir Kominfo & MUI, Ini Alasannya

By Ditya / Published on Friday, 15 Sep 2017
Fight of Gods
Fight of Gods

Game Fight of Gods belum lama ini telah menarik perhatian karena kontreversi yang ditimbulkannya. Game dengan genre RPG (Role Playing Game) ini dinilai membawa dampak negatif dan segera diblokir Kominfo. Tak hanya itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga menilai game Fight of Gods tidak layak karena melecehkan agama.

“Kami, kemarin, sudah mengirim surat untuk segera dilakukan geo blocking untuk wilayah Indonesia. Sesuai aturan kami, dalam waktu 2×24 jam mereka harus melaksanakan, kalau tidak, kami akan memblokir distributor channel.”

Game ini tidak layak untuk konsumsi masyarakat Indonesia. Kita merupakan bangsa yang beragama. Simbol-simbol agama bukan untuk dipermainkan. Apalagi pertarungan ini bisa menimbulkan gesek yang berbau SARA,” kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan, seperti yang dilansir dari Solopos (14/09/2017).

Game Fight of Gods ini diketahui menggunakan tokoh-tokoh dan simbol-simbol yang dimuliakan dalam agama, sebut saja Yesus, Budha, Anubis, Zeus, dan banyak lagi. Pemblokiran Fight of Gods oleh Kominfo ini dinilai tepat untuk menghindari terjadinya gesekan SARA yang dipicu oleh game tersebut. MUI juga angkat bicara dan mengatakan bahwa game Fight of Gods tidak laik.

MUI berpandangan bahwa game tersebut tidak layak untuk konsumsi masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan berfalsafahkan Pancasila. Simbol-simbol agama bukan untuk dipermainkan, apalagi dipertarungkan. Ini bisa menimbulkan gesekan yang berbau SARA.”

“MUI juga meminta kepada kepolisian RI untuk ikut mengawasi semua peredaran game yang berpotensi menimbulkan keresahan masyarakat, dan menindak tegas pihak yang bertanggung jawab,” kata Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid Saadi.

Komentar Anda