Scroll to Top

Awal Mula Terciptanya Brand Hermes, Label Mewah Termahal di Dunia

By C Novita / Published on Wednesday, 20 Sep 2017

Tas Hermes 16 miliar

Selebriti dan sosialita identik dengan koleksi tas-tas mewah brand Hermes, yang harganya mencapai miliaran untuk ukuran kecil saja. Sebagai salah satu label fashion yang terkemuka, banyak orang penasaran bagaimana awal mula berdirinya rumah mode yang berbasis di Paris, Prancis tersebut.

Tahukah Anda bahwa label Hermes sebenarnya telah berdiri sejak 180 tahun lalu? Tak heran jika dengan pengalamannya yang sudah sangat lama itu, ada banyak sekali keunggulan yang dimilikinya.

Dilansir laman The Rischest, Hermes pertama kali didirikan di Grand Boulevards Paris tahun 1837. Bukan bergerak dalam bidang fesyen, namun sebagai pengrajin peralatan dan aksesori kereta kuda.

Produknya adalah tali kekang, pelana, dan sadel dari bahan kulit. Pengrajinnya bernama Thierry Hermes. Tak heran jika hingga kini logo label prestisus itu adalah kereta kuda serta kudanya.

Karena keterampilannya membuat berbagai peralatan dari bahan kulit, kualitas produk yang dibuat oleh Hermes adalah yang terbaik. Ia kerap memperoleh penghargaan, dan pelanggannya adalah orang-orang yang ternama kala itu termasuk para bangsawan Eropa bahkan Napoleon III.

Label Hermes tetap dipakai dan usaha itu berlanjut walau pendirinya, Thierry meninggal pada 1878. Putranya yang bernama Charles-Emile Hermes adalah penerus label Hermes.

Ia memindahkan toko utamanya ke 24 Rue du Faubourg Saint-Honore dan hingga kini masih digunakan.

Tahun 1900, Hermes baru membuat tas namun masih berupa tas untuk perlengkapan menunggang kuda. Setelah pemiliknya mewariskan untuk generasi ketiga tahun 1902, yakni putrinya Adolphe dan Emile-Maurice, label itu baru membuat tas tangan pertama.

Produk Hermes mulai ekspansi ke Amerika pada 1924, dan dilakukan perluasan usaha dengan membuka dua toko di Prancis.

Namanya makin melejit setelah tahun 1935 Hermes membuat seri tas yang dipakai dan dipopulerkan oleh Grace Kelly, dan dikenal sebagai Kelly Bag.

Tak hanya memproduksi tas mewah, Hermes pada akhirnya juga membuat item fesyen pakaian pria, alas kaki, perhiasan, dasi, ikat pinggang hingga parfum.

Birkin Bag adalah produk tahun 1981 yang juga sangat ternama menyusul Kelly Bag. Nama itu terinspirasi dari seorang aktris wanita bernama Jane Birkin.

 

 

Komentar Anda