Scroll to Top

Pulau Migingo Seluas Lapangan Bola Tapi Penduduknya Ribuan Orang

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 21 Sep 2017

migingo1

Pulau kecil yang berada di antara Kenya dan Uganda in memiliki penduduk yang sangat padat. Jumlahnya mencapai ribuan jiwa dan area yang mereka tinggali hanya seluas lapangan sepak bola. Itu pun masih lebih kecil ukurannya. Bisa dibayangkan betapa sesaknya jalanan di sana.  Dan, saking kecilnya pulau tersebut seringkali luput dari penggambaran di peta.

Nama pulau ini adalah Migingo. Letaknya ada di Danau Victoria yang juga merupakan danau tropis. Sampai sekarang status wilayahnya mengambang karena masih menjadi rebitan antara Kenya dan Uganda. Meski begitu, Pulau Migingo menjadi salah satu penghasil ikan percah. Ikan ini sering dikirim ke berbagai negara di Eropa.

migingo2

Pulau tersebut menjadi terpadat di dunia. Mereka yang hidup di rumah-rumah kayu dan dihuni banyak orang. Sebagiannya tinggal di rumah kardus. Orang-orang di Pulau Migingo kebanyakan mencari nafkah dengan menjadi nelayan dan berjual beli hasil laut. Perairan di pulau ini termasuk sangat banyak ikannya dan hasil laut lainnya.

Awalnya Pulau Migingo ditemukan oleh penduduk Kenya. Dulunya ada dua nelayan dari negara tersebut yang tinggal di sana dan mencari ikan nile perch. Itu dilakukan sekira tahun 1990-an. Semenjak merebaknya kabar tingginya populasi ikan di Migingo, akhirnya banyak nelayan lainnya dari berbagai negara menuju ke sana. Akhirnya dengan banyaknya nelayan yang menetap, makin padatlah Pulau Migingo.

Komentar Anda