Scroll to Top

PSG Hancurkan Bursa Transfer Dengan Pembelian Neymar & Kylian Mbappe!

By vratislav / Published on Thursday, 21 Sep 2017

Jadwal Liga Champion Grup B Prediksi Celtic vs PSG 2017,

PSG dianggap menghancurkan bursa transfer dengan pembelian Neymar dan Kylian Mbappe. Demikian yang disampaikan oleh mantan pemain Bayern Munchen, Giovane Elber. Menurutnya, jumlah total biaya 402 juta Euro yang dikeluarkan klub Paris untuk dua bintang tersebut tergolong tidak sehat untuk perkembangan sepakbola.

PSG musim panas ini demikian jor-joran untuk merekrut pemain bintang. Mereka memecahkan rekor transfer dunia dengan membeli Neymar seharga 222 juta Euro dari Barcelona. Padahal, rekor sebelumnya hanyalah 105 juta Euro atas nama Paul Pogba ke Manchester United. Artinya, PSG melonjakkan rekor transfer sampai dua kali lipat.

Belum cukup dengan hal tersebut, PSG juga meminjam Kylian Mbappe dari AS Monaco. Langkah ini dilakukan agar klub Paris terhindar dari sanksi FFP (Financial Fair Play). Namun diperkirakan, kelak PSG akan menghabiskan dana 180 juta Euro untuk sang pemain; yang berarti menempatkan Mbappe sebagai pemain termahal kedua di dunia.

Menurut Giovane Elber, langkah PSG ini terlalu jauh untuk dunia sepakbola. Elber yakin klub Paris seperti sedang menciptakan jurang pemisah yang lebar dengan klub-klub lain di berbagai belahan dunia. Bahkan, klub-klub Bundesliga, yang tergolong kompetisi elite Eropa, tidak akan mampu bersaing dengan PSG terkait belanja pemain dengan harga sebesar itu.

FBL-EUR-C1-CELTIC-PSG

Kepada DAZN, Elber menuturkan, “Tidak ada satu klub Bundesliga pun yang akan berkata, ‘Iya, kami akan membayar 100 juta atau 200 juta Euro’ untuk seorang pemain. Saya tidak berpikir ada satu pemain pun di dunia ini yang layak dihargai semahal itu.”

“Neymar adalah pemain hebat tapi saya pikir PSG telah menghancurkan keseluruhan pasar saat ini dengan membayar sejumlah ini. Tidak hanya untuk Neymar tapi juga Mbappe, 200 juta euro jika mereka menggunakannya untuk membelinya (satu pemain), jelas inii tidak sehat untuk sepak bola.”

Musim panas ini, tidak hanya PSG yang membeli pemain dengan harga fantastik. Barcelona juga demikian. Mereka merekrut Ousmane Dembele dari Borussia Dortmund sejumlah 105 juta Euro yang merupakan rekor transfer termahal di Liga Spanyol. Dan bagi Elber, ini bisa menjadi titik terendah untuk dunia sepakbola.

Katanya, “Jika seorang pemain ingin meninggalkan klubnya, kontraknya (meski masih tersisa bertahun-tahun lagi) sudah tidak berguna lagi. Dembele sudah menunjukkannya di Dortmund. Dia tidak mau berlatih, dan ingin pergi. Hal ini tidak baik. Juga meninggalkan kesan buruk untuk para penggemar.”

Komentar Anda