Share

blogTahu kah anda tentang Blog? Bagi sebagian orang yang sama sekali belum pernah merasakan ngeblog tentu bertanya-tanya tentang Apa Itu Blog dan Apa sih Fungsinya?

Blog itu merupakan singkatan dari “web log” yaitu bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan yang dimuat sebagai posting pada sebuah halaman web yang bisa diakses secara umum.

Istilah blog pertama kali digunakan Jorn Barger pada Desember 1997 untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik dan disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

Media blog dipopulerkan pertama kali oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google pada akhir tahun 2002 yang lalu.

Fungsi blog amatlah beragam, diantaranya sebagai catatan harian, media publikasi, kampanye politik, program-program bisnis online dan lain-lain. Umumnya blog dimiliki oleh seorang penulis tunggal, tapi ada juga yang dimiliki oleh beberapa penulis.

Biasanya blog bersifat interaktif yaitu menyediakan tempat komentar bagi para pengujung mengenai tulisan yang dimuat, namun ada juga blog yang bersifat non interaktif alias menutup papan komentar.

Bagi seseorang yang suka menulis, suka menghasilkan sesuatu yang baru, suka berkarya dan suka berbagi tentunya blog memiliki fungsi dengan nilai guna tinggi karena blog bisa menjadi media kita untuk menyalurkan bakat menulis, mempublikasikan hasil karya dan apapun bisa dibagi melalui blog.

Pada umumnya tampilan tulisan atau postingannya tersusun terbalik dimana postingan terakhir tampil pertama kemudian disusul postingan yang lebih lama.

Blog bisa memudahkan seseorang dalam menuliskan apa yang ada dipikirannya dan kemudian dapat dibagi atau bisa di akses oleh siapa saja, mencakup semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Dalam dunia blog terkadang seseorang bergabung ke dalam sebuah ikatan yang terbentuk dari beberapa atau banyak blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya, inilah yang disebut komunitas atau grup.

Jadi setelah memiliki sebuah blog  anda bisa bergaul dengan komunitas blogger sesuai selera sehingga akan semakin banyak teman dan tentunya semakin menambah wawasan dan pengetahuan.