Scroll to Top

Wah, Ada Pakaian Berfitur “Televisi”

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 12 Jan 2012

Ini bisa disebut televisi baju, atau mungkin baju televisi. Apa pun sebutannya, baju ini bisa menampilkan gambar seperti televisi. Penciptanya adalah David Forbes. Dia seorang insinyur dari Arizona, AS, dengan memanfaatkan Light Emiting Diode (LED) yang disematkan pada pakaian.

DavidForbes

Agar nyaman dikenakan, Forbes membatasi resolusi layar dengan ukuran 160 x 120 piksel. Seluruh LED diletakkan pada papan sirkuit elastis sehingga memudahkan pemakai untuk mengenakan pakaian itu. Akhirnya, pakaian televisi tersebut berhasil dirancang dengan berat 3,5 kilogram selama enam bulan. Forbes mengaku, proyek ini menelan dana USD 20 ribu.

“Televisi ini saya gunakan hanya saat ingin mendapatkan perhatian dari orang asing di luar sana,” kata Forbes, seperti dirilis Popsci.

Untuk menghasilkan karya menawan ini, Forbes sempat mengalami kendala. Awalnya, rancangan baju televisinya ini punya berat 22,5 kilogram. Dia pun merasa bobot ini sangat tidak nyaman untuk dikenakan. Lalu, terpikirlah ide membuat ukuran resolusi lebih kecil meski dia sendiri sebenarnya kurang puas.

Sepertinya pakaian ini juga kurang praktis untuk dicuci. Karena, ada dua baterai yang mesti selalu dibawa. Di bahu juga diletakkan pengontrol panas. Layar LED ada di di depan dan belakang baju. Gambar akan muncul dengan memanfaatkan sinyal video analog dari iPod.

Forbes memang belum berniat menjadikan temuannya menjadi sebuah tren berbusana. Dia membuat ini sekadar untuk menarik simpati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda