Scroll to Top

Presiden Barcelona Klaim Siap Tinggalkan Liga Spanyol Jika Catalunya Merdeka!

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 03 Oct 2017

Presiden Barcelona Klaim Siap Tinggalkan Liga Spanyol Jika Catalunya Merdeka!

Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu mengklaim klubnya siap meninggalkan Liga Spanyol. Opsi itu bakal muncul setelah Catalonia menyatakan kemerdekaan dari Spanyol. Sejauh ini pertanyaan terbesar yang muncul adalah, bisakah Barca berdiri tanpa Liga Spanyol, dan sebaliknya, bisakah La Liga tetap kompetitif tanpa klub tersebut.

Referendum Catalonia yang digelar pada Minggu, 1 Oktober 2017 lalu sudah menghasilkan satu hasil mutlak. Sekitar 90 persen suara yang masuk, menyatakan keingingan agar wilayah otonom tersebut independen, berdiri sendiri alias memerdekakan diri dari Spanyol.

Insiden besar mewarnai referendum tersebut. Bukan hanya berupa serangan polisi terhadap TPS dan warga, karena otoritas Spanyol menganggap pemungutan suara Catalonia tersebut ilegal. Tetapi juga pemaksaan oleh LFP dan RFEF agar Barcelona tetap menggelar pertandingan kontra Las Palmas dalam situasi genting.

Barcelona sebenarnya dalam posisi untuk membatalkan laga, mengingat tingkat keamanan yang tidak menjanjikan. Namun kemudian, ancaman dari RFEF, bahwa Barca bisa dikurangi enam poin karena menolak bertanding, jadi alasan kuat presiden Josep Maria Bartomeu menggelar laga sesuai jadwal.

Kini, setelah pertandingan berlalu, dan hasil referendum diumumkan, Bartomeu memberikan sinyal, bahwa sangat mungkin Barcelona akan meninggalkan Liga Spanyol. Situasi sekarang serba tidak pasti. Namun, jika Catalonia nantinya secara bulat menyatakan kemerdekaannya, tentu peta politik akan berubah pula.

Hasil Liga Spanyol Tadi Malam Barcelona vs Las Palmas 3-0, 6

Bartomeu menuturkan pada Senin (2/10), “Situasi (harus keluar atau bertahan di Liga Spanyol) belum terpikirkan saat ini.”

“Tapi berkaitan dengan hal-hal yang bisa terjadi di masa depan, ini adalah sesuatu yang akan dibahas oleh dewan direksi. (Keputusan tetap atau keluar dari La Liga) akan menjadi sesuatu untuk dianalisis dengan tenang.”

“Jika kita membahas masalah ini dengan intens maka jelas kita akan menemukan solusi terbaik. Tapi jika [kemerdekaan Catalonia] terjadi, dewan direksi akan melihat kembali apa yang harus dilakukan.”

Saat ini, Barcelona yang sudah 24 kali menjuarai Liga Spanyol, ada dalam proses mendapatkan gelar berikutnya. Klub Catalan unggul lima poin dari pesaing terdekat, Atletico Madrid, dan tujuh angka dari rival abadi, Real Madrid.

Komentar Anda