Scroll to Top

Bundesliga Mulai ‘Runtuh’, Jadi Santapan Klub Gurem di Level Eropa

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 04 Oct 2017

Hasil Liga Jerman Tadi Malam Bayern Munchen vs Wolfsburg 2-2 r

Bundesliga mulai ‘runtuh’ dan harus mulai berkaca. Demikian pendapat mantan direktur olahraga Bayern Munchen, Matthias Sammer. Menurut Sammer, performa klub-klub Liga Jerman di level Eropa musim ini, yang bahkan menjadi santapan klub gurem dari liga yang lebih ‘bawah’ harus dievaluasi besar-besaran.

Di matchday kedua Liga Champions dan Liga Europa pertengahan pekan lalu, jika ada kompetisi level atas Eropa yang layak malu, mereka adalah Bundesliga. Pasalnya, Bayern Munchen, RB Leipzig, dan Borussia Dortmund sama-sama dilindas lawan di Liga Champions.

Bahkan Bayern yang luar biasa dengan juara Liga Champions lima kali, dipecundangi PSG tiga gol tanpa balas. Sementara Dortmund, disikat oleh tamu mereka, Real Madrid 1-3 di Signal Iduna Park. Tidak cukup hanya klub yang berkompetisi di sana saja, klub Bundesliga yang berlaga di Liga Europa juga tampil sangat buruk.

Hoffenheim, Cologne dan Hertha Berlin menderita kekalahan di kompetisi ‘level dua’ Eropa tersebut. Sementara Freiburg, sudah terlebih dahulu gugur di babak kualifikasi. Padahal, seharusnya dengan status Bundesliga yang bisa mengirimkan empat wakil ke Liga Champions, kompetisi itu sejajar dengan Liga Inggris dan Liga Spanyol.

Hasil Liga Jerman 2017 Bayern Munchen vs Mainz 4-0

Memang ada dalih, bahwa dengan iritnya klub-klub Bundesliga belanja pemain, mereka kesulitan bersaing dengan klub elite Eropa seperti PSG, Madrid, dan Barcelona. Namun menurut Matthias Sammer, itu hanya alasan yang dibuat-buat. Nyatanya, nasib klub Bundesliga lainnya di Liga Europa juga buruk.

Sammer menuturkan, “Klub kami kalah melawan klub dengan sumber keuangan yang jauh lebih rendah di Liga Europa.  Bagaimana prestise internasional kami bisa bertahan tanpa Bayern dan Dortmund (jika keadaannya demikian)?. Sayangnya, Bundesliga tidak memiliki kualitas terbaik saat ini.”

Sammer mengindikasikan, masih ada banyak hal yang bisa dibenahi; terutama konsep permainan di klub-klub Bundesliga, daripada melulu mencari kambing hitam pada masalah keuangan.

“Bundesliga harus menatap diri bulat-bulat di cermin. Sepak bola Jerman harus lebih banyak berurusan dengan cara bermain, bukan bersembunyi di balik diskusi pura-pura terkait uang (kemampuan finansial).”

Komentar Anda