Scroll to Top

Andres Iniesta Resmi Diikat Kontrak ‘Seumur Hidup’ Oleh Barcelona

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 06 Oct 2017

Andres Iniesta Resmi Diikat Kontrak 'Seumur Hidup' Oleh Barcelona

Andres Iniesta resmi menandatangani kontrak “seumur hidup” di Barcelona. Demikian yang dikonfirmasi oleh klub Catalan pada Jumat (6/10). Artinya, sang kapten utama Barca bakal menghabiskan seluruh karier profesionalnya di klub yang sudah menaunginya sejak tahun 1996 lalu. Kepastian ini juga mematahkan gosip bahwa Iniesta akan bergabung ke Juventus pada musim panas depan.

Saat musim ini dimulai, Barcelona mendapatkan tanda tanya besar dari para fans. Pasalnya, klub Catalan gagal mempertahankan Neymar yang akhirnya memilih hijrah ke PSG. Selain itu Barca juga seperti tidak serius membicarakan kontrak baru dengan Lionel Messi dan Andres Iniesta, dua punggawa kunci klub tersebut, yang kontrak awalnya bakal berakhir pada 30 Juni 2018.

Namun kini, di tengah jeda internasional, Barcelona memecahkan keheningan. Mereka mengumumkan bahwa Andres Iniesta tidak akan kemana-mana. Gelandang berusia 33 tahun itu memilih bersetia kepada Barca sampai gantung sepatu nanti. Iniesta juga memastikan, akan tetap memegang ban kapten pertama, mendahului tiga jebolan akademi La Masia lainnya: Lionel Messi, Sergio Busquets, dan Gerard Pique.

Memilih merampungkan karier sepakbola di Barcelona, berarti Iniesta juga bisa membidik rekor penampilan terbanyak di semua kompetisi milik Barca, yang dipegang oleh sang senior, Xavi yang mencatatkan 767 pertandingan. Iniesta sendiri saat ini total sudah mengumpulkan 639 pertandingan.

Andres Iniesta Minta Pensiun di Barcelona, Tapi Bisa Hengkang ke Klub Lain 2

Satu yang terpenting, di era Ernesto Valverde, Iniesta adalah pilihan utama, berbeda dengan era Luis Enrique. Buktinya Don Andres tampil dalam enam dari tujuh pertandingan LaLiga yang dijalani Barcelona sejauh ini. Ia berperanan besar membantu Barca memimpin klasemen Liga Spanyol dengan nilai sempurna, 21 angka; tujuh angka lebih banyak daripada rival abadi, Real Madrid.

Bersama Iniesta, Barcelona meraih kejayaan yang gilang-gemilang. Sampai musim lalu, Don Andres sudah menghadiahkan delapan trofi LaLiga, lima gelar Copas del Rey, dan empat gelar Liga Champion. Ini belum ditambah dengan gelar lain seperti Piala Super Eropa, Piala Super Spanyol, dan Piala Dunia Antar Klub.

Komentar Anda