Scroll to Top

Jika Catalonia Merdeka, Liga Spanyol Bakal Bubar Di Tengah Jalan!

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 07 Oct 2017

Presiden Barcelona Klaim Siap Tinggalkan Liga Spanyol Jika Catalunya Merdeka!

Jika Catalonia merdeka, Liga Spanyol terancam bubar di tengah jalan. Demikian pendapat Javier Tebas, sang Presiden LFP –pengelola La Liga. Pasalnya, Barcelona, Espanyol, dan Girona yang saat ini berlaga di kompetisi tersebut, semuanya berada di wilayah Catalonia. Dan UU Olahraga Spanyol tidak mengenal kompetisi yang diisi oleh tim asing.

Isu kemerdekaan Catalonia menjadi hal yang sangat sensitif belakangan untuk semua hal di Spanyol. Masalahnya, ini bukan sekadar sebuah wilayah yang menuntut berdiri sendiri setelah dijajah dalam tiga abad. Banyak aspek kehidupan Spanyol dan Catalonia yang terikat kuat, termasuk sepakbola.

Baru-baru ini, bek Barcelona, Gerard Pique dicaci banyak orang Spanyol karena mendukung referendum Catalonia. Sementara, nasib klubnya juga menggantung. Apakah Barca akan bertahan di La Liga atau tidak, masih serba misterius.

Dan tentang hal ini, Javier Tebas menegaskan, keputusan mempertahankan Barca, juga klub-klub Catalonia lainnya, tidak hanya sekadar didasarkan pada kesepakatan antara LFP dengan klub-klub tersebut.

Jika Catalunya Merdeka, Barcelona Tetap Bermain di Liga Spanyol

Lalu apakah yang terjadi jika Catalonia, sesuai janji presiden mereka, Carles Puigdemont, menyatakan kemerdekaan mereka pada hari-hari ini? Menurut Javier Tebas, kekacauan akan terjadi karena jadwal Liga Spanyol harus terus berjalan, sementara klub-klub Catalonia akan dianggap sebagai ‘klub ilegal’.

Katanya kepada GolTV, “(Kemerdekaan Catalonia) Ini adalah skenario yang harus dianalisis secara legal. Saya pikir kemungkinan LaLiga musim ini tetap bisa dirampungkan (terlepas dari tiga klub Catalonia yang bertahan), tapi saya tidak bisa menjamin hal ini sepenuhnya.”

“Tentu saja, jika (deklarasi kemerdekaan Catalonia) dibuat, saya secara otomatis akan menghubungi klub Catalan di LaLiga untuk mendengar pendapat mereka tentang apa yang terjadi, posisi mereka, dan apa yang akan mereka lakukan.”

“Liga kita di Spanyol tidak terlahir dengan kesepakatan sukarela dari klub, tapi karena undang-undang (UU Spanyol) mengatakan bahwa sebuah liga di Spanyol hanya terdiri dari klub profesional yang bersaing dalam kompetisi satu negara, dan hanya bisa dimainkan oleh tim yang terikat dengan RFEF (asosiasi sepakbola Spanyol). “

Komentar Anda