Scroll to Top

Hasil Kualifikasi Piala Dunia: Bosnia vs Belgia 3-4, Kerugian Besar Tuan Rumah

By Wan Faizal / Published on Sunday, 08 Oct 2017

BosBel

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2018 dalam pertandingan antara Bosnia vs Belgia selesai dengan skor 3-4 dalam laga yang dimainkan di Grbavica Stadium, Minggu (8/10) dini hari WIB. Skor Bosnia vs Belgia ini benar-benar merugikan tuan rumah karena kekalahan ini membuat mereka turun ke peringkat ketiga dengan menyisakan satu pertandingan saja beberapa hari mendatang.

Bosnia paham bahwa mereka harus menang untuk mengamankan peluang ke babak play-off. Namun melawan tim yang sudah pasti lolos, gawang mereka malah kebobolan di menit empat ketika aksi Thomas Meunier yang maju membantu serangan sukses berbuah gol saat ia menyelesaikan umpan dari Hazard.

Tuan rumah pun berusaha keras untuk bisa segera memperbaiki keadaan. Kekalahan jelas bukan opsi di periode seperti ini dan tak heran jika permainan ofensif langsung mereka peragakan. Butuh waktu 26 menit bagi mereka untuk menyamakan kedudukan ketika Haris Medunjanin menuntaskan umpan Dzeko menjadi gol. Sembilan menit berselang, Edin Visca mampu membalikkan skor dan membuat tuan rumah sedikit merasa lega.

Namun keunggulan tersebut sepertinya membuat tuan rumah kehilangan ritme permainannya sendiri. Mereka seperti mempersilahkan Belgia yang sebenarnya bermain sangat santai untuk menyerang pertahanan mereka hingga menghasilkan gol penyama dari Michy Batshuayi di menit 59. Kabar buruk bagi Bosnia karena beberapa menit kemudian ada Jan Vertonghen yang sukses membawa Belgia kembali unggul!

Segala cara dilakukan oleh Bosnia untuk bisa menetralkan keadaan lagi. Sempat ada gol penyama dari Dario Dumic lewat tandukan kepalanya namun kecerobohan lini belakang Bosnia membuat Yannick Ferreira-Carrasco bisa membawa Belgia unggul 3-4 dan skor tersebut bertahan sampai laga usai.

Dengan hasil ini, maka posisi Bosnia yang awalnya di urutan kedua harus digeser oleh Yunani. Menjadi buruk bagi Bosnia karena di laga terakhir nanti Yunani hanya akan menjamu Gibraltar sehingga sudah hampir pasti mereka yang akan menang dan mengamankan tiket ke play-off. Kecuali jika memang ada kejutan luar biasa yang dibuat Gibraltar dan diimbangi kemenangan Bosnia atas Estonia.

Data Pertandingan:

Bosnia 3-4 Belgia (Medunjanin 30’, Visca 39’, Dumic 82’ / Meunier 4’, Batshuayi 59’, Vertonghen 68’, Carrasco 84’)

Komentar Anda