Scroll to Top

Tips Bersihkan Jeruji Pelek Berkarat dengan Oli Mesin

By C Novita / Published on Sunday, 08 Oct 2017

pelek jeruji

Jeruji sepeda motor rentan mengalami masalah seperti munculnya karat atau korosi di beberapa bagiannya. Hal itu tentu kurang baik secara estetika maupun keamanan sebab besi-besinya akan menjadi lemah dan mudah patah jika dibiarkan.

Karat dapat dengan mudah timbul terutama di musim hujan seperti saat ini. Percikan air dan rendaman banjir yang mengenai jeruji di pelek motor tak dapat dihindari. Apalagi jika Anda tidak segera mengeringkan pelek dan jerujinya usai terkena air hujan.

Salah satu cara membersihkan karat yang terlanjur muncul pada jeruji motor adalah dengan memakai oli mesin. Ini adalah cara yang mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang.

Oli mesin tak saja berguna untuk meningkatkan kinerja mesin, namun juga dapat mengangkat karat di besi-besi lainnya. Tidak hanya di bagian pelek saja.

Fungsi ini diungkap oleh salah seorang pegiat otomotif, bernama Venal. Menurut dia, kemampuan oli mesin dalam membersihkan korosi pada besi cukup baik.

“Awalnya tahu cara ini dari teman yang juga montir motor,” kisah Venal seperti dilansir laman Metrotvnews.com.

Venal yang mencoba membersihkan pelek sepeda motornya pun berhasil membuktikan bahwa oli mesin memang mampu menghilangkan karat.

Caranya, siapkan dua kain lap bersih dan beberapa sendok oli mesin dalam wadah.

Oleskan oli mesin memakai lap bersih ke bagian jeruji besi pelek yang berkarat. Diamkan beberapa menit. Kemudian gosok dan bersihkan dengan lap yang lainnya hingga mengkilat. Jeruji pun kembali kinclong seperti baru.

Selamat mencoba.

 

 

Komentar Anda