Scroll to Top

Keren, Vespa Ini Bodinya dari Ukiran Kayu Jepara

By C Novita / Published on Monday, 09 Oct 2017

vespa kayu 1

Penggemar vespa bisa melakukan modifikasi apapun terhadap kendaraan kesayangan mereka, termasuk mengganti bodinya dengan bahan yang tak biasa. Misalnya yang dijumpai di ajang Kustomfest 2017 yang digelar pada 7-8 Oktober di Jogja Expo Center (JEC) ini.

Sebuah vespa berbodi kayu ukiran asli Jepara terlihat dipamerkan di salah satu booth milik Ruli Wood Custom. Vespa ini tampak etnik dan elegan, dengan ukiran halus di beberapa bagian bodinya.

Selidik punya selidik, pria bernama Ruli Krisnawan ternyata adalah pemiliknya. Menurutnya, tak ada salahnya memadukan antara bodi asli skuter pabrikan Italia miliknya dengan tradisi asli Indonesia.

vespa kayu

“Saya kan orang asli Jepara, jadi ini adalah warisan budaya nenek moyang saya yang harus dilestarikan,” jelasnya seperti dilansir laman Liputan6.com.

Akan tetapi menurut Ruli, kayu ukiran yang ia pakai hanyalah pelapis untuk bagian luar bodi vespa saja. Bodi utamanya tetap memakai plat sebab untuk ketahanan pastilah lebih kuat plat.

Kayu akan mudah patah dan rusak apabila digunakan untuk Vespa Super tahun 1973 miliknya tersebut.

“Jadi ini di-cover saja, bodi tetap pakai plat. Kalau pakai bodi kayu gampang patah apalagi kalau kena lubang,” tambah dia.

Ruli membutuhkan waktu selama empat bulan untuk membuat sekaligus mengukir bodi kayu tersebut dengan teliti. Ia memakai tenaga tiga orang pemahat demi merampungkannya.

Tidak mudah, sebab ada beberapa bagian lengkung yang mesti diukur dengan seksama agar pas ditempatkan di rangka plat vespa miliknya tersebut. Setelah itu, kayu akan direkatkan menggunakan lem agar lebih kuat menempel.

 

 

Pic: Liputan6.com

Komentar Anda