Scroll to Top

Arjen Robben Pensiun Dari Timnas Belanda Pasca Gagal di Pra Piala Dunia 2018

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 11 Oct 2017

Arjen Robben Pensiun Dari Timnas Belanda Pasca Gagal di Pra Piala Dunia 2018

Arjen Robben memutuskan pensiun dari timnas Belanda. Keputusan itu diambil sang winger Bayern Munchen setelah gagal membawa Oranje melaju di Pra Piala Dunia 2018. Seperti halnya di Euro 2016 lalu, kini Robben yang disebut-sebut sebagai salah satu pemain terbaik di generasinya, hanya bisa menyaksikan turnamen kelas internasional dari layar televisi.

Belanda memang meraih kemenangan di partai terakhir mereka di kualifikasi Piala Dunia 2018. Oranje memukul Swedia dengan skor 2-0. Namun hal itu sama sekali tidak cukup untuk membantu mereka berangkat ke Rusia, atau meraih babak play-off. Total Belanda hanya memiliki 19 poin hasil dari enam kali menang, sekali seri, dan tiga kali kalah. Jumlah angka yang mereka kumpulkan sama dengan sang runner-up grup A, Swedia. Namun Belanda kalah selisih gol sehingga harus tersingkir.

Ini adalah periode gelap bagi sepakbola Belanda, karena setahun lalu, mereka juga hanya bisa melihat Euro 2016 dari rumah. Padahal, ketika itu Piala Eropa justru untuk pertama kalinya mengembangkan jumlah peserta putaran final, mencapai 24 peserta. Dan kini Oranje bukan hanya kehilangan hak tampil di Piala Dunia 2018, tetapi juga kehilangan Arjen Robben, sosok kapten yang perannya sangat vital dalam 14 tahun terakhir untuk timnas.

Arjen Robben Pensiun Dari Timnas Belanda Pasca Gagal di Pra Piala Dunia 2018 1

Arjen Robben sudah 96 kali tampil untuk timnas Belanda sejak pertama kali menjalani debut pada tahun 2003. Sepanjang rentang waktu tersebut hingga 11 Oktober 2017, tercatat Robben sudah mengemas 37 gol. Termasuk dua gol terakhirnya untuk timnas yang dicetak saat mengalahkan Swedia 2-0 hari ini.  Robben juga merupakan top skor keempat Belanda, di bawah sang meriam utama legendaris, Dennis Bergkamp.

Produktivitas Arjen Robben di kancah internasional sangat luar biasa. Dia rata-rata mencetak  gol atau menciptakan assist dalam kurun waktu 112 menit. Selain itu, Robben sudah mewakili negaranya dalam enam turnamen internasional, termasuk di Piala Dunia 2014 kala ia membantu Oranje menembus peringkat ketiga dengan mengalahkan tuan rumah Brazil.

Kini di usia yang sudah uzur, 33 tahun, tidak akan ada lagi Arjen Robben untuk timnas Belanda. Kariernya yang sudah mendekati akhir, akan sepenuhnya dicurahkan untuk Bayern Munchen.

Komentar Anda