Scroll to Top

Ini Resiko Kesehatan Jika Sering Makan Seblak Kerupuk

By C Novita / Published on Wednesday, 11 Oct 2017

seblak pedas

Seblak kerupuk pedas sedang jadi penganan kekinian yang digemari banyak orang. Bahan utamanya adalah kerupuk mentah, ditambah beberapa bumbu lain sehingga rasanya menjadi lezat dan bikin nagih.

Namun ternyata ada resiko kesehatan yang dapat mengancam penggemar seblak pedas, apalagi jika sering mengonsumsi makanan khas Jawa Barat itu lho.

Hal itu dikatakan oleh Guru Besar Ilmu Gizi Institut Pertanian Bogor, Hardinsyah. Alasannya adalah, kerupuk yang dipakai sebagai bahan utama seblak masih mentah. Memang nantinya kerupuk itu akan direbus hingga lunak, namun itu belum cukup rupanya.

Selain itu, banyak jenis kerupuk yang dibuat dengan bahan dasar tepung tapioka dan tambahan bleng atau boraks yang membuatnya jadi kenyal dan jika digoreng akan renyah.

Bleng atau boraks tentu bukan bahan makanan yang aman dikonsumsi.

“Cuma, ada yang¬† menambahkan bleng atau boraks agar lebih kenyal dan awet. Padahal itu tidak disarankan,” tambah Hardinsyah seperti dilansir laman Liputan6.com.

Menurut keterangan yang ada pada laman pom.go.id, bleng sendiri adalah bahan kimia yang dikenal juga dengan nama Natrium Tetraborat.

Penggunaannya telah dilarang oleh pemerintah melalui Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 033 Tahun 2012 tentang Bahan Tambahan Pangan. Jadi apabila ada makanan yang memakai bahan tersebut, sebenarnya bersifat ilegal alias melanggar peraturan.

Seblak sebagai penganan yang digemari banyak orang pada dasarnya aman saja dikonsumsi selama memakai bahan yang sehat dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

 

 

 

 

Komentar Anda