Scroll to Top

Jika Juara Liga 1 2017, Bhayangkara FC Tak Boleh Tampil di Asia

By Aditya / Published on Wednesday, 11 Oct 2017

Hasil Liga 1 2017 Hari Ini Bhayangkara FC vs Persiba 3-2

Bhayangkara FC yang saat ini masih memuncaki klasemen sementara Gojek Traveloka Liga 1 2017 berpeluang besar menjadi juara. Namun, meskipun itu terjadi nantinya, Bhayangkara FC tidak boleh tampil di Asia mewakili Indonesia. Pasalnya, legalitas klub asuhan Simon McMenemy belum beres.

Hal tersebut disebabkan karena Bhayangkara FC baru mendapatkan legalitas belum mencapai 2 tahun sebagai waktu minimal yang dipersyaratkan oleh AFC selaku konfederasi sepakbola Asia. Manajemen Bhayangkara FC pun maklum dengan situasi ini.

“Di forum AFC Licensing Club yang digelar awal tahun ini memang ada sosialisasi seperti itu,” buka Corporate Secretary Bhayangkara FC, Rahmad Sumanjaya, beberapa waktu lalu.

“Minimal tim eksis dua tahun untuk warna klub, logo, nama, badan hukum, home base, dan lain-lain. Kalau regulasinya sudah begitu, ya (kami) belum bisa ke Asia. Kami menerimanya,” tambahnya.

“Kecuali, ada fasilitas dari PSSI, artinya federasi bisa mengajukan lisensi bagi klub untuk partisipasi di level Asia. Seperti, Bhayangkara FC atau klub lain bisa diajukan oleh PSSI ke AFC untuk main di level Asia, meskipun belum berlisensi,” imbuhnya.

Bhayangkara FC memang resmi berdiri belum lama. Sebelumnya, klub ini sempat memakai nama Persebaya Surabaya namun kalah di pengadilan dari Persebaya 1927. Kemudian, klub ini berganti-ganti nama, dari Surabaya United, Bonek FC, hingga Bhayangkara FC setelah diakusisi oleh Polri.

 

Komentar Anda