Scroll to Top

Cuci Piring Ternyata Bisa Redakan Stres dan Bad Mood

By C Novita / Published on Wednesday, 11 Oct 2017

cuci piring

Banyak orang enggan melakukan kegiatan mencuci piring, apalagi jika jumlahnya sangat banyak menumpuk di wastafel. Selain jijik sebab banyak sisa makanan yang masih menempel, alasan lainnya adalah malas. Padahal jika tahu bahwa manfaat mencuci piring untuk kesehatan mental sangat besar, mereka pasti tak ragu lagi melakukannya.

Sebuah penelitian mengungkap fakta tersebut, bahwa mencuci piring sebenarnya dapat menenangkan pikiran serta meredakan stres dan bad mood.

Dalam penelitian itu dilihat apakah saat Anda mencuci perkakas dapur, Anda bisa sekaligus melakukan praktik kontemplatif informal untuk meningkatkan fokus dan kesadaran.

Ini hampir sama seperti melakukan kegiatan meditasi, memusatkan pikiran dan perhatian pada emosi serta pemikiran.

Dalam studi tersebut sebanyak 51 relawan dilibatkan. Hasilnya, selama proses penelitian dilakukan para relawan secara sadar memusatkan perhatian pada piring, busa, bau sabun, air mengalir, juga dinginnya air yang terasa.

Sebanyak 27 persen peserta mengaku bahwa rasa gugup mereka perlahan hilang dan dapat diatasi. Beberapa masalah psikis yang sedang dialami pun mulai menurun.

“Bila peserta mencuci piring dengan fokus, perhatian, kesadaran, dan pengaruh positif yang lebih besar maka dapat mengurangi pengaruh negatif,” kata salah satu peneliti, Adam Hanley dari Florida State University, AS seperti dilansir laman NDTV.

Usai mencuci piring, saat melihat hasilnya yakni piring-piring yang bersih dan rapi berjajar, maka kepuasan tersendiri juga terasa di hati mereka. Ini baik juga bagi kesehatan mental. Jadi, yuk mencuci piring.

 

 

Tagged as:

Komentar Anda