Scroll to Top

Panama Lolos ke Piala Dunia, Presiden Umumkan Hari Libur Nasional!

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 11 Oct 2017

Panama Lolos ke Piala Dunia, Presiden Umumkan Hari Libur Nasional!

Panama resmi lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya. Dan hal ini membuat presiden negara tersebut, Juan Carlos Varela mengumumkan bahwa hari ini Rabu, 11 Oktober 2017 ditetapkan sebagai hari libur nasional. Pesta pora diadakan di seluruh penjuru negara yang tergabung di zona CONCACAF tersebut.

Drama besar terjadi di pertandingan terakhir kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONCACAF. Ketika itu Panama menjamu Kosta Rika di Estadio Rommel Fernandez. Sempat tertinggal, tuan rumah kemudian menyamakan kedudukan via gol kontroversial Gabriel Torres, yang tampaknya belum melewati garis.

Andai skor tetap 1-1 sampai akhir pertandingan, Panama tidak akan lolos ke Rusia. Namun kemudian tiga menit jelang bubaran, Roman Torres membuat skor berubah jadi kemenangan tuan rumah 2-1. Hal ini ditambah dengan kekalahan Amerika Serikat atas Trinidad & Tobago, membuat Panama menggenggam tiket langsung ke Rusia.

Panama Lolos ke Piala Dunia, Presiden Umumkan Hari Libur Nasional! 3

Panama menjadi negara ketiga dari zona CONCACAF yang lolos otomatis ke Piala Dunia 2018, selain Meksiko dan Kosta Rika. Di klasemen akhir, Panama  mengoleksi 13 poin, sejajar dengan Honduras, tetapi unggul faktor selisih gol.  Sementara, Honduras masuk ke babak play-off interkontinental. Sebaliknya, tim kuat Amerika Serikat malah tersingkir. Pasalnya, The Yanks hanya memiliki 12 poin dari 10 pertandingan.

Setelah dipastikan, negaranya lolos ke Piala Dunia, presiden Juan Carlos Varela memimpin perayaan kemenangan Panama. Bukan hanya untuk sesaat tetapi untuk 24 jam kemudian karena ia mengumumkan hari libur nasional pada Rabu ini untuk pesta keberhasilan pasukan Hernan Dario Gomez.

Melalui akun twitternya, Juan Carlos Varela menyebutkan, “Suara rakyat telah didengar; rayakan hari bersejarah ini untuk Panama. Besok [Rabu] adalah hari libur nasional. Ini adalah hari bersejarah bagi negara kita.”

“Besok adalah hari libur bagi pekerja sektor publik dan swasta. Pada hari libur nasional, kelas-kelas juga ditangguhkan di sekolah swasta dan negeri, agar keluarga demi keluarga bisa merayakan (lolosnya Panama ini).”

Komentar Anda