Scroll to Top

Ilmuwan Berencana Rekayasa Durian Jadi Tak Berbau?

By C Novita / Published on Thursday, 12 Oct 2017

memilih durian

Buah durian mempunyai aroma khas yang bagi sebagian orang, sangat menyengat dan bikin tak tahan menciumnya. Hal ini cukup berbeda dengan buah lain yang tidak beraroma, atau aromanya tipis serta tidak sampai tercium dalam jarak beberapa meter. Karena itulah durian berbeda dan istimewa.

Menurut ilmuwan Singapura yang meneliti tentang kelebihan aroma durian ini, ada gen khusus yang hanya dimiliki oleh durian sehingga menyebabkan baunya sangat tajam dan menusuk. Pada penelitian tersebut ilmuwan juga berhasil melakukan pemetaan gen bau itu.

Apa dampak ditemukannya penyebab bau yang khas pada durian? Sisi positifnya adalah di masa depan, ilmuwan bisa melakukan rekayasa genetik dengan menghilangkan atau meminimalisir gen bau tersebut.

Varian durian tanpa bau namun rasanya tak berubah dan tetap manis, tentu sangat menolong bagi pencinta durian yang tak tahan jika harus mencium aromanya yang tajam.

Akan tetapi belum apa-apa sudah timbul pro kontra terkait kemungkinan diciptakannya durian hasil rekayasa genetik. Banyak penggemar durian yang protes, karena bagi mereka apalah arti sebuah durian jika tak berbau. Bau adalah ciri khas dan hal yang membuat durian berbeda dari buah lain.

Penelitian yang dilakukan selama tiga tahun itu disebut-sebut cukup berhasil, karena bisa memetakan secara lengkap genetik buah yang berduri tajam itu.

Hasil studi yang telah diterbitkan pada jurnal Nature Genetics tersebut juga menyebutkan bahwa ada volatilitas produksi sulfur di buah durian yang memicu aromanya jadi tajam.

“Analisis kami memperlihatkan bahwa volatilitas produksi sulfur pada durian mencapai tingkat yang sangat tinggi,” ungkap Patrick Tan, salah seorang peneliti.

Itu sebabnya bagi sebagian orang aroma durian juga disebut mirip dengan sulfur atau belerang.

 

 

 

Komentar Anda