Scroll to Top

Rochi Putiray: Sepakbola Indonesia Bisa Dilewati Timor Leste!

By Aditya / Published on Thursday, 12 Oct 2017

Timnas Indonesia u22 Timor Leste Marinus Wanewar

Mantan penyerang andalan Timnas Indonesia, Rochi Putiray, tampaknya kecewa dengan kinerja PSSI kepengurusan Edy Rahmayadi, termasuk terkait Timnas Indonesia. Rochi Putiray bahkan menyebut, sepakbola Indonesia bisa dilewati Timor Leste dalam 10 tahun ke depan jika PSSI tidak segera berbenah, terutama dalam meningkatka sarana dan infrastruktur sepakbola.

“Saya merasa 10 tahun lagi Timor Leste bisa melewati Indonesia kalau kita terus seperti ini. Paling cepat 5 tahun mereka bisa melewati kita,” tukas Rochi Putiray beberapa waktu lalu.

“Mereka (Timor Leste) sudah punya 4 stadion dengan skala internasional dan yang saya dengar mereka sedang membangun 4 stadion lagi,” lanjutnya.

Menurut mantan pesepakbola yang pernah menjadi bintang di Liga Hongkong ini, federasi sepakbola Timor Leste memiliki konsep, agenda, dan target yang jelas untuk masa depan.

“Saat ini Timor Leste punya kualitas sepak bola yang sama dengan kita pada 20 tahun lalu. Namun, mereka sudah punya rencana besar ke depannya,” tutur Rochi Putiray.

“Kompetisi mereka masih amatir, mereka bersiap untuk menjadi semi-pro pada 2018 dan berlanjut ke profesional pada 2018. Bahkan untuk 2019, mereka menargetkan ada klub yang sudah masuk di Liga Champions Asia,” imbuh pengemas 41 caps untuk Timnas Indonesia ini.

“Kini mereka (Timor Leste) mendapatkan pola pengembangan dari Portugal. Banyak pemain mereka berasal dari sana,” tutupnya.

 

Komentar Anda