Scroll to Top

Jerami Bekas Panen Diubah Jadi Taman Monster di Jepang

By C Novita / Published on Thursday, 12 Oct 2017

jerami monster 1

Sejak tahun 2008, Wara Art Matsuri yang terletak di Jepang bagian utara melaksanakan kebiasaan unik dan keren setiap musim panen tiba. Mereka memanfaatkan sisa jerami hasil panen untuk membuat karya seni yang indah dan dapat dinikmati banyak orang.

Jerami-jerami sisa panen itu diolah dalam kolaborasi antara divisi pariwisata kota dan Musashino Art University menjadi beberapa boneka monster raksasa dengan berbagai bentuk.

jerami monster

Jadi, bila masa panen yang berlangsung pada bulan September hingga Oktober tiba, di ladang-ladang bekas pertanian akan muncul monster-monster jerami yang menjadi hasil karya mahasiswa dan siswa di Niigata dengan konsep festival seni.

Para siswa kreatif itu mengikat dan menyusun jerami, kemudian membentuknya sesuai rancangan yang telah dibuat sebelumnya.

jerami

Unik sekali sebab ada bentuk tikus sawah, buaya, gorila, badak, atau kerbau dari jerami. Pengunjung pun terlihat antusias berfoto dengan latar belakang monster jerami tersebut.

Jika dahulu jerami bekas panen akan langsung dimusnahkan dan dibakar atau diolah menjadi tikar tatami saja, maka kini nilainya jadi lebih tinggi sebab banyak orang yang menikmatinya sebagai karya seni yang unik dan langka.

Festival Wara Art Matsuri tersebut bisa jadi inspirasi yang berguna bagi bangsa lain yang ingin memberdayakan segala potensi yang ada untuk bidang wisata. Dari tumpukan jerami yang tak berharga bisa disulap jadi karya seni luar biasa. Keren.

 

 

Komentar Anda