Scroll to Top

Chile Siap Protes ke FIFA, Minta Diloloskan ke Piala Dunia 2018 Karena Hal Ini!

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 13 Oct 2017

Chile Siap Protes ke FIFA, Minta Diloloskan ke Piala Dunia 2018 Karena Hal Ini! (1)

Chile siap mengambil banding terkait hasil ‘main mata’ dalam duel Peru vs Kolombia di partai terakhir kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL. Akibat skor imbang di partai yang digelar pada Rabu (11/10) lalu, Peru dan Kolombia sama-sama lolos ke Rusia. Sebaliknya, Chile batal ke Piala Dunia tahun depan.

Dikutip dari AS, Federasi Sepak Bola Chili (ANFP) sedang mempertimbangkan kemungkinan banding atas kejadian ‘anggal’ kala Peru bermain imbang 1-1 kontra Kolombia di pekan ke-18 kualifikasi zona Amerika Selatan. Pasalnya, dalam laga tersebut, Radamel Falcao kedapatan memberitahu kapten Peru, Paulo Guerrero.

Falcao membisiki Guerrero bahwa jika skor bertahan dalam keadaan 1-1 seperti saat itu, maka Kolombia dan Peru akan sama-sama lolos. Mengingat di pertandingan lain yang digelar di saat bersamaan, Chile dalam kondisi dibantai oleh Brazil 3-0 dan sulit membalikkan keadaan.

Ucapan Falcao itu diungkapkan oleh gelandang Peru, Renato Tapia pasca pertandingan. Katanya, “Saya berbicara dengan Falcao dan dia berkata bahwa kami (Peru dan Kolombia) dalam kondisi ‘memimpin’ (dalam kualifikasi Piala Dunia 2018, dengan Kolombia ada di urutan keempat, dan Peru di nomor lima).”

Falcao sendiri, tidak menyangkal pembicaraan tersebut. Tetapi dia membantah jika disebut mengajak Peru untuk bekerjasama. Menurut Falcao, “Kami tahu skor di pertandingan lainnya. Hanya itu yang saya katakan pada Paolo Guerrero.”

Chile Siap Protes ke FIFA, Minta Diloloskan ke Piala Dunia 2018 Karena Hal Ini! (2)

Secara teknis, andai Peru bisa membalikkan keadaan dan menang dari Kolombia di laga tersebut, mereka akan lolos otomatis. Sementara, dalam kondisi 1-1 seperti ini, Peru akhirnya harus melewati babak play off menghadapi juara Oseania (OFC), Selandia Baru.

Namun bagi Chile, ucapan Falcao itu mengindikasikan adanya kecurangan. Dalam laporan La Tercera disebutkan, ANFP mempertimbangkan pengaduan kepada FIFA. ANFP akan bersandar pada edaran FIFA pada Mei 2014 lalu,  terkait “rekomendasi khusus untuk memerangi pengaturan skor”

Secara konkret sub-paragraf 6.3.2, menyebutkan, tergolong sebuah pelanggaran, yaitu jika terjadi tindakan yang “mempengaruhi hasil pertandingan secara tidak sah.” Dalam hal ini, tindakan Falcao memberitahu skuat Peru, diyakini Chile sebagai tindakan ‘pengaturan skor’.

Dan, hukuman yang bisa dijatuhkan FIFA kepada Peru dan Venezuela dapat mencakup “pencoretan dari sebuah kompetisi, degradasi ke divisi yang lebih rendah, pengurangan poin dan/atau dikembalikannya trofi.”

Berdasarkan klausul tersebut di atas, Chile siap membawa kasus mereka ke FIFA. Siapa tahu kemudian Kolombia dan Peru terkena hukuman, dan La Roja bisa mencapai Piala Dunia di Rusia melalui jalur arbitrase.

Chile Siap Protes ke FIFA, Minta Diloloskan ke Piala Dunia 2018 Karena Hal Ini! (3)

Komentar Anda