Scroll to Top

Tim Cahill Bisa Kena Sanksi Soal Selebrasi Gol Lawan Syria, Ini Alasannya!

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 13 Oct 2017

Tim Cahill Bisa Kena Sanksi Soal Selebrasi Gol Lawan Syria, Ini Alasannya! (1)

Tim Cahill terancam terkena sanksi terkait selebrasi golnya ke gawang Syria di babak play off Piala Dunia 2018. Pasalnya, sang gelandang Australia terbukti menggunakan selebrasi tersebut untuk mempromosikan sponsornya, TripADeal. Pada masa lalu, Nicklas Bendtner pernah dijatuhi sanksi atas kesalahan serupa: memamerkan iklan saat perayaan gol.

Di leg kedua play-off Piala Dunia zona AFC, Tim Cahill mencetak dua gol untuk membalikkan keadaan saat Australia menjamu Syria di Sydney. Berkat dua gol tersebut, The Socceroos mengamankan tiket play-off interkontinental, dan akan berhadapan dengan Honduras, wakil zona CONCACAF.

Permasalahannya adalah, cara Cahill merayakan gol tersebut. Ia menggunakan tangan sedemikian rupa untuk membentuk huruf T. Dan hal ini, suka tidak suka, pasti dikaitkan dengan sponsor TripADeal yang punya huruf depan sama. Apalagi setelah pertandingan, TripADeal mengunggah foto perayaan Cahill tersebut ke akun Instagram mereka.

Caption yang diberikan adalah, “Apakah Anda melihat Tim Cahill, duta merek baru kami, menggunakkan tanda ikonik ‘T’ dari TripADeal setelah dia mencetak gol kemenangan (melawan Syria) tadi malam? Selamat Tim!”

TripADeal bahkan kemudian memention akun Tim Cahill. Namun, perusahaan travel online Australia tersebut tampaknya segera menyadari kesalahan. Mereka lantas menghapus foto tadi. Cuma, Cahill sendiri, mengunggah foto lain ke akun istagramnya.

Secara teknis, foto Cahill tersebut tidak memamerkan gaya membentuk huruf ‘T’, hanya Cahill yang tampak bergaya mendengarkan gemuruh penonton merayakan golnya. Cuma, Cahill tetap menggunakan kesempatan ini untuk mengiklankan TripADeal.

Tim Cahill Bisa Kena Sanksi Soal Selebrasi Gol Lawan Syria, Ini Alasannya! (2)

Ia menuliskan, “”Selalu menyenangkan. Bab baru sudah ditulis dan masih banyak lagi yang akan datang. Penampilan tim yang luar biasa dan *saya) sangat bangga dengan semua orang malam ini, tim, staf dan penggemar. #FEARLESS @tripadeal.”

Memang, hal ini terkesan tidak melanggar apapun. Toh Cahill tidak memamerkan selebrasi ‘T’ itu, sementara TripADeal sudah menghapus foto yang berkaitan. Namun dalam sejarah, FIFA memang sangat ketat untuk urusan iklan. Mereka tidak mau melihat seorang pemain melakukan selebrasi gol untuk iklan komersial.

Aturan FIFA menyebutkan, “Pemain tidak boleh menampilkan kaus yang berisi slogan atau iklan. Seorang pemain yang melepas jerseynya untuk menampilkan slogan akan dikenai sanksi oleh penyelenggara kompetisi.”

Dan aturan ini sudah pernah ditegakkan FIFA. Nicklas Bendnter pernah diberi denda 90.000 Euro dan dilarang bertanding sekali, saat dia memamerkan celana dalam Paddy Power ketika mencetak gol ke gawang Polandia di Euro 2012.

Komentar Anda