Scroll to Top

Valentino Rossi: Sirkuit Motegi Bisa Bikin Performa Saya ‘Lebih Kacau’

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 13 Oct 2017

Valentino Rossi Sirkuit Motegi Bisa Bikin Performa Saya 'Lebih Kacau' (1)

Valentino Rossi mengakui Sirkuit Motegi memiliki potensi untuk membuat performanya ‘lebih kacau’. Memang, kondisi The Doctor sudah semakin membaik dibandingkan dengan GP Aragon lalu. Namun menurutnya, layout sirkuit Motegi di Grand Prix Jepang akhir pekan ini, bakal semakin menantang potensinya bertarung.

Valentino Rossi menjadi sensasi tersendiri tiga minggu lalu di GP Aragon. Dalam kondisi masih belum pulih 100 persen pasca patah kaki, The Doctor malah bisa meraup peringkat kelima. Bahkan ia sempat bertarung di deretan terdepan, meski akhirnya merosot karena kelelahan. Oleh karenanya, muncul harapan, di Motegi pada Minggu (15/10), Rossi bakal semakin menggila untuk berburu poin.

Namun menurut Valentino Rossi, kenyataan tidak akan semudah harapan. Memang, kondisinya sekarang sudah jauh lebih membaik. Tetapi bagi sang pebalap Yamaha, lay-out Motegi yang lebih sulit ditaklukkan daripada Aragon bakal menjadi tantangan tersendiri. Bahkan, bukan tidak mungkin, menghasilkan masalah yang lebih banyak.

Valentino Rossi Sirkuit Motegi Bisa Bikin Performa Saya 'Lebih Kacau' (2)

Rossi menuturkan kepada Motorsport.com, “Ada lebih banyak tikungan kanan (di Motegi). (Sirkuit) Aragon bagus untuk saya, karena memiliki banyak tikungan kiri, seperti Phillip Island – mungkin di sini (Motegi, saya bakal  memiliki) beberapa masalah lagi.”

“(Tipe sirkuit yang lebih banyak memaksa) pengereman keras juga bakal lebih berat, karena dengan tenaga yang lebih sedikit di bagian kaki, saya harus memaksa lebih banyak dengan pundak. Setelah (balapan di) Aragon saya merasa nyeri dalam dua atau tiga hari, karena sayangnya saya kurang mendapat bantuan dari kaki.”

“Tapi kita harus melihat lebih dahulu (kondisi di Motegi). Saya harap bakal baik-baik saja, juga karena kondisi fisik saya jauh lebih baik dibanding Aragon.”

Valentino Rossi menambahkan, dirinya tidak bisa berlatih seperti biasa meski kondisi sudah membaik. Akibatnya, kebugaran The Doctor pun belum maksimal untuk bertarung di Motegi. Katanya, “Kakisaya  sekarang jauh lebih baik. Masih ada rasa sakit, tetapi saya perkirakan, mampu untuk mengebut di Motegi, karena (kondisi) kaki lebih baik dari pada di Aragon.

“Saya tidak dalam kondisi 100 persen, itu pasti. Selain itu saya juga harus memodifikasi latihan. Tetapi saya merasa tidak terlalu buruk.”

Komentar Anda