Scroll to Top

Awas, 3 Jenis Nyamuk Ini Paling Berbahaya

By C Novita / Published on Friday, 13 Oct 2017

nyamuk

Nyamuk merupakan serangga kecil yang paling berbahaya, karena ia mampu menularkan beberapa jenis penyakit kronis dan mematikan. Sebagai tindakan pencegahan, mengenali dan waspada pada  nyamuk sangat disarankan oleh pihak medis. Demikian juga mencegahnya berkembang biak dengan memusnahkan sarang-sarangnya.

Tiga penyakit berbahaya yang ditularkan oleh nyamuk antara lain adalah malaria, demam berdarah, dan filariasis. Selain itu masih ada jenis penyakit lain namun di Indonesia yang paling rentan terjadi adalah tiga jenis tersebut

Dr dr Leonard Nainggolan SpPD-KPTI, Konsultan Penyakit Tropik dan Infeksi dari Perhimpunan Peneliti Penyakit Tropik dan Infeksi Indonesia (PETRI) menjelaskan tiga jenis nyamuk yang paling berbahaya seperti dilansir laman Vemale berikut ini:

Nyamuk Culex

Jenis nyamuk ini berkembang biak di genangan air kotor, septic tank, dan lainnya. Ia adalah penyebar penyakit kaki gajah (elephantiasis) dan juga parasit filaria yang memicu kaki gajah. Jika seseorang terinfeksi parasit itu, maka terjadi penyumbatan limfa di kaki dan lengan sehingga menyebabkan terjadi bengkak.

“Pencegah dapat dilakukan dengan menghindari gigitan nyamuk Culex dengan memasang kelambu tempat tidur,” jelas dr. Leonard.

Selain itu menerapkan gaya hidup sehat dan bersih juga sangat disarankan, sekaligus membasmi tempat hidup nyamuk tersebut.

Nyamuk Anopheles

Penyakit malaria terjadi akibat ulah dari nyamuk anopheles betina. Ia menularkan parasit plasmodium sehingga seseorang akan mengalami sakit malaria. Umumnya nyamuk ini hidup di tempat yang kelembabannya tinggi di atas 60 persen.

Waspadalah sebab nyamuk betina akan mencari mangsa mulai pukul 17.00 hingga 22.00 WIB. Ia juga aktif di waktu pagi dan tengah malam. Segera gunakan kelambu atau losion anti nyamuk jika tak ingin ia menggigit Anda.

Nyamuk Aedes aegypti

Ini adalah nyamuk penyebab penyakit demam berdarah dan mencari mangsa pada siang hari. Tak hanya DBD, wabah zika pun ditularkan oleh jenis nyamuk ini. Waspadalah karena ia dapat menyebabkan kematian pada penyakit DBD, dan cacat pada janin untuk wabah zika.

Nyamuk aedes juga menimbulkan penyakit chikungunya, yang banyak diderita di daerah-daerah dengan kondisi lingkungan kotor serta banyak genangan air.

 

 

Komentar Anda