Scroll to Top

Registrasi Ulang Kartu Prabayar Pakai NIK & KK, Ini Alasannya

By Ditya / Published on Friday, 13 Oct 2017

SIM card

Kebijakan registrasi ulang kartu prabayar ini memang menuai kontroversi di kalangan pelanggan. Banyak yang mengkhawatirkan bocornya data pengguna dan disisi lain, registrasi ini juga bermanfaat untuk bagi pemerintah untuk menangkal aksi terorisme, hate speech, dan tindakan kriminal lainnya. Hal yang menjadi pertanyaan adalah, mengapa registrasi ulang pelanggan prabayar menggunakan NIK dan KK?

Sebelumnya, Kominfo mengatakan bahwa penggunaan NIK pada eKTP dinilai sebagai identitas yang paling tepat. Hal semacam ini sudah dilakukan oleh konsumen prabayar di luar negeri. Namun, eKTP sendiri sebenarnya masih belum beres pembuatannya dan dapat menjadi kendala pendaftaran kartu prabayar. Meski demikian, database yang dimiliki oleh Ditjen Dukcapil dinilai sudah siap untu hal ini.

“Selain itu, manfaat lainnya adalah keamanan, transparansi, dan pelayanan nilai tambah bagi masyarakat,” kata Rudiantara di Kementerian Kominfo.

Tak hanya itu, pihak Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri juga angkat bicara mengenai manfaat dari registrasi ulang pelanggan kartu prabayar menggunakan NIK dan KK. Selain penting untuk keamanan, juga dapat digunakan untuk melakukan verivikasi transaksi non-cash yang saat ini kian berkembang seiring meningkatnya e-commerce di tanah air.

“Masyarakat jadi nyaman karena nomornya tidak akan disalahgunakan oleh orang lain. Dan yang paling penting untuk keamanan buat seluruh warga negara karena tugas negara itu, melindungi masyarakat.”

“Kita menuju transaksi non-cash, nanti tidak ada lagi harus nulis-nulis di kertas. Bagaimana dengan verifikasinya? Dengan NIK, semua akan berbasis NIK. Transaksi inklusi dengan NIK, kalau enggak ada di database (Dukcapil), stop dulu. Siapa dia? Pastikan semua transaksi itu aman,” kata Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh, seperti yang dilansir dari Detik.

Komentar Anda