Scroll to Top

Osasuna vs Barcelona 1-2: Selamat Datang Lagi El Clasico

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 13 Jan 2012

Betapa sempitnya dunia. Baru saja bertemu di bulan Desember, Barcelona dan Real Madrid sudah dipastikan kembali berduel di perempat final Copa del Rey. Keduanya pun sukses menumbangkan masing-masing lawan dengan gaya sendiri.

Osasuna vs Barcelona 1-2

Real Madrid menekuk Malaga dengan agregat 4-2. Tak mau kalah, Barcelona membekap Osasuna dengan agregat 6-1. Setelah menang besar 4-0 di Camp Nou, pasukan Catalan tinggal duduk santai di Reyno de Navarra, kandang Osasuna. Sempat tertinggal 1-0, Blaugrana sukses membalikkan keadaan.

Untuk ketiga kalinya dalam musim ini, Pep meletakkan Messi di bangku cadangan. Ia memilih trio Isaac Cuenca-Pedro Rodriguez-Alexis Sanchez di lini depan. Pep dengan berani menurunkan 7 jebolan La Masia di starting XI.

Selain Cuenca dan Pedro, ada Gerard Pique dan Thiago Alcantara, dua pahlawan muda. Selebihnya, Sergi Roberto, Martin Montoya, dan Andreu Fontas yang penampilannya di tim utama sangat terbatas.

Laga berjalan 14 menit, Fontas sudah harus ditandu keluar. Penggantinya Eric Abidal. Bek kiri ini digeser ke tengah untuk menemani Pique.

Bermain dalam cuaca dingin, kedua tim gagal mencetak gol hingga menjelang turun minum. Namun, akhirnya, gol yang menaikkan tensi pertandingan pun lahir. Lekic sukses menggoyang gawang Jose Manuel Pinto di menit 40. Skor tak berubah hingga babak pertama usai.

Guardiola tidak ingin pasukannya kembali terluka setelah kegagalan memetik tiga angka angka di Cornella el-Prat. Maka, babak kedua dimulai dengan tampilan semangat juara anak asuhnya.

Hasilnya, umpan silang cantik Adriano, gagal dibendung oleh kiper Osasuna, Asier Riergo. Alexis Sanchez pun menghukum kelalaian pertahanan Los Rojillitos dengan tandukannya di menit 49.

Gol cepat ini direspons Pep dengan memasukkan Lionel Messi menggantikan sang pencetak gol.  Sementara, Sergio Busquets mengganti Pedro Rodriguez. Artinya, Sergi Roberto dinaikkan ke posisi penyerang dan melakoni fungsi “nomor sembilan palsu” seperti yang dilakukan Cesc Fabregas selama ini.

Hasilnya, memang demikian. Sergi Roberto menjadi pahlawan. Umpan terobosan Lionel Messi diselesaikannya dengan apik dan membawa Barcelona unggul di menit 72.

Hingga laga berakhir, Barcelona sukses mempertahankan skor dan melenggang ke perempat final. Kedua tim sama-sama memiliki cacat. Jose Manuel Pinto untuk pertama kalinya terbobol di Copa del Rey musim ini. Sementara, inilah kekalahan pertama Osasuna sejak April 2011.

Susunan Pemain

Osasuna:  Riesgo; Marc Bertran, Miguel Flaño, Lolo, Satrustegui (Hermosa ’72); Raoul Loe, Puñal; Cejudo (Postigo ’80), Roberto Torres (Raúl García ’68), Calleja, Lekic.

Barcelona: Pinto; Montoya, Piqué, Fontàs (Abidal ’14), Adriano; Mascherano, Thiago, Sergi Roberto; Pedro (Sergio Busquets ’69), Alexis (Messi ’58), Cuenca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda