Scroll to Top

Mesh Dress, Gaun Yang Bisa Mengolah Sampah Jadi Kompos

By C Novita / Published on Friday, 13 Jan 2012

Industri fashion dituding banyak memberi andil pada pencemaran lingkungan yang terjadi di Bumi. Apalagi melihat banyaknya bahan kimia yang digunakan dalam memproduksi berbagai benda fashion.

Maka, pendukung green fashion seperti Ali Seckin Karayol dan Mette Lyckegaard berusaha membuat sebuah desain gaun yang lantas diberi nama Mesh Dress.

Mesh Dress adalah sebuah gaun yang diklaim ramah lingkungan, bahkan dapat mengurangi pemanasan global. Mengapa? sebab gaun tersebut merupakan media tanam yang baik bagi beberapa bibit tanaman yang telah di taruh dalam bahan pembuat gaun.

Pemakai Mesh Dress dapat membuang sampah organik ke dalam kantung yang terdapat di gaun, dan kantung tersebut akan mengubah sampah yang dimasukkan menjadi kompos.

Bibit tanaman yang telah ada dalam gaun, akan menyerap kompos yang diproduksi oleh kantung, dan diklaim mampu tumbuh subur.

Seiring bertumbuhnya bibit tanaman di gaun, maka penampilan gaun tersebut akan makin menarik. Bahkan, kata sang desainer, Anda dapat menaruh bibit tanaman yang Anda sukai ke dalam gaun itu.

Yang jadi masalah, tidak dijelaskan berapa lama sampah organik yang dimasukan itu dapat berubah jadi kompos. Juga masalah bau yang mungkin dapat menyebar dari sampah tersebut, dan berapa lama “Baju Kebun Berjalan” itu dapat menahan tanaman yang makin membesar.

Bagaimana pun, niat baik sang desainer untuk melestarikan lingkungan patut diacungi jempol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda