Scroll to Top

Abaikan Isu Catalonia Merdeka, Barcelona Tolak Tinggalkan Liga Spanyol

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 22 Oct 2017

Hasil Liga Champions Barcelona vs Olympiakos 3-1, we

Barcelona menolak untuk meninggalkan Liga Spanyol, dan mengambil jarak dari isu kemerdekaan Catalonia. Presiden Barca, Josep Maria Bartomeu menjamin klubnya akan tetap bertahan di La Liga mengingat kerjasama saling menguntungkan yang selama ini terjalin. Termasuk, rivalitas Barcelona dengan Real Madrid.

Ketika isu Catalonia merdeka begitu menyeruak sepanjang Oktober ini, guncangan lembut sempat dirasakan oleh Liga Spanyol. Pasalnya, LFP sebagai pengelola kompetisi tersebut, melalui presiden mereka, Javier Tebas menegaskan, tidak akan menerima klub dari negara asing untuk berpartisipasi.

Jika Catalonia merdeka, maka Barcelona akan terkategorikan sebagai klub asing. Demikian pula Espanyol dan Girona. Artinya laga melawan mereka adalah hal ilegal dalam hukum Spanyol, dan kompetisi La Liga musim ini terancam batal dilanjutkan. Namun kini semua isu sudah mereda seperti tidak pernah terjadi sebelumnya.

Hasil Liga Champions Barcelona vs Olympiakos 3-1,

Gembar-gembor Catalonia merdeka sudah tidak terdengar lagi. Sebaliknya, Josep Maria Bartomeu sebagai presiden Barca, menjamin klubnya tidak akan membahas opsi pergi ke Liga Prancis atau bahkan Liga Inggris, apapun yang terjadi.

Dalam rapat umum tahunan kubu Camp Nou, Bartomeu menyebutkan, “Anda bisa yakin bahwa dewan yang ada saat ini, akan selalu bertindak untuk membela klub.  Kami tidak akan pernah menempatkan klub dalam risiko. Demikian pula soal partisipasi Barcelona dalam kompetisi apapun.”

“Itulah sebabnya, untuk semua anggota (socios) klub, saya berkata, bahwa kami (Barcelona) ingin terus bermain di LaLiga dan, sampai hari ini, partisipasi kami (di kompetisi tersebut) sudah terjamin. Bakal terus menguntungkan bagi LaLiga dan Barcelona jika hubungan ini berlanjut.”

Sepanjang sejarah, Barcelona adalah salah satu dari tiga klub yang tidak pernah terdegradasi dari Liga Spanyol, selain Athletic Bilbao dan Real Madrid. Barca juga mendominasi La Liga dalam satu dekade terakhir, memenangi enam gelar di antaranya.

Komentar Anda