Scroll to Top

Makin Banyak Pria Kurang Percaya Diri dengan Penampilan

By Ilham Choirul / Published on Friday, 13 Jan 2012

Lain dulu lain sekarang. Kalau dulu pria cenderung cuek dengan penampilannya, ternyata kini mereka mulai memperhatikan fisik mereka. Seolah tidak mau kalah dengan wanita, banyak pria yang akhirnya rela mengorbankan apa pun demi mendapatkan sentuhan terbaik bagi tubuhnya.

pria metroseksual

Fenomena ini ditemukan dalam penelitian yang dilakukan University of the West of England. Dari 394 pria Inggris yang dijadikan sampel, sekitar 80,7 persen mengaku khawatir jika penampilan fisiknya dianggap kurang nyaman dipandang. Untuk mengatasi hal ini, 38 persen pria tidak sungkan membelanjakan pendapatannya dalam setahun demi memperbaiki penampilan.

Hal tersebut bertolak belakang dengan survey yang dilakukan pada wanita. Ternyata, wanita yang mencemaskan penampilannya “hanya” ada sekitar 75 persen. Angka ini menunjukkan ada perubahan ekspektasi penampilan dari seorang pria.

Dr Phillippa Diedrichs, peneliti di University of the West of England, mengatakan, para pria akhirnya mengupayakan hal yang terbaik demi mendapatkan penampilan yang ideal sesuai dengan apa yang mereka dengar dari kebanyakan orang. Mulai dari berolahraga, diet, bahkan operasi plastik.Bahkan, dalam satu dasawarsa, ada peningkatan tren pria yang menjalani bedah plastik demi menunjang penampilan.

Efek dari persepsi akan fisik ini pun memaksa pria lebih ekstra menjalani berbagai gaya hidup yang dianggap sehat. Sekitar 23 responden mengaku sering ke pusat kebugaran. Dan, untuk memberikan massa otot lebih berisi, 18 persen dari mereka mengonsumsi protein khusus.

Kalau dibuat pernyataan lebih umum, ada 3 dari 5 pria yang merasa dirinya memiliki penampilan buruk setelah banyak mendengar komentar kebanyakan orang. Persepsi inilah yang sebenarnya menjadi pintu jebakan bagi pria sehingga terlalu mencemaskan fisik. Ada 29 persen responden yang mengaku memikirkan penampilannya sampai lima kali dalam sehari. Apakah Anda salah satunya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda