Scroll to Top

Jangan Sampai Bra Melukai Punggung Anda

By Ilham Choirul / Published on Friday, 13 Jan 2012

Bagi wanita dewasa, keberadaan bra sangat membantu kenyamanan. Bagian seksi milik kaum hawa itu terlindungi dari risiko penurunan posisi dengan memakai bra. Namun bukan berarti, bra tidak berbahaya buat kesehatan bagian tubuh lainnya. Mengenakan bra yang salah, punya potensi menyebabkan sakit punggung.

pakai-bra

Pentingnya memakai bra yang nyaman adalah menempatkan posisi payudara pada tempat yang semestinya. Kalau sampai payudara melorot karena mungkin terlalu kerap memakai bra longgar, berakibat meningkatnya beban syaraf yang terhubung ke tulang belakang.

Menurut Magiliene Rosalina, dokter chiropractic, wujud sakit yang bisa dirasakan yaitu rasa sakit dan pegal di punggung. Dalam jangka lama, punggung pun terpacu untuk berdiri dan berjalan sedikit lebih menunduk. Memakai penyangga payudara yang tepat harus dijadikan pilihan.

“Menurut ilmu kedokteran chiropractic, urat saraf dan struktur tulang yang tersusun dalam tulang belakang manusia terhubung satu sama lain,” ujar Maggie, seperti dirilis Tempo.

Kata Maggie, jangan terlalu mengikuti tren bahwa bra harus mengangkat payudara. Yang benar, fungsikan bra untuk penyangga saja. Kalau payudara Anda terbiasa terangkat oleh bra, itu bisa menggeser letak tulang belakang. Efeknya, serabut saraf ikut berubah dan menimbulkan potensi saraf terjepit.

Bra yang baik adalah tidak membuat Anda kesulitan bernafas saat dikenakan. Namun, dia tetap menyangga payudara dengan sempurna. Usahakan memakai bra yang tidak sempit. Bra ketat juga mengakibatkan risiko kanker payudara akibat terhambatnya proses detoksifikasi di area tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda