Scroll to Top

Suka Makan Sayuran Mentah, Waspadai Bakteri Ini

By C Novita / Published on Thursday, 26 Oct 2017

sayur mentah

 

Untuk Anda yang menyukai konsumsi sayuran mentah, sebaiknya mengetahui akan adanya bahaya bakteri yang umum hidup di bagian luar sayuran tersebut. Berhati-hati tentu akan lebih baik, walau Anda sudah mencuci bersih berbagai sayuran sebelum menyantapnya.

Bahkan untuk sayuran yang dijual di supermarket sekalipun, Anda tak tahu tangan siapa saja yang telah memegangnya, dan ada bakteri apa yang menempel disana bukan?

Mengutip laman Hello Giggles, Rabu (25/10/2017) sayuran mentah rentan sekali tertempel bakteri E Coli, Salmonela, juga bakteri Listeria.

Tidak hanya itu, pestisida dan pupuk pun sangat mungkin menempel di daun-daun atau batangnya. Bahan kimia ini juga bukan hal yang sehat jika dikonsumsi manusia bukan?

Untuk bakteri Listeria, sekedar infomasi, ini adalah bakteri yang memicu penyakit mematikan. Sempat terjadi kasus keracunan makanan yang mengakibatkan meninggalnya sekira 200 orang dalam waktu setahun.

Bakteri Listeria yang masuk dalam tubuh akan terbawa ke aliran darah, dimana ia akan menghasilkan racun yang mampu merusak sel tubuh.

Penderita yang tubuhnya telah terinfeksi bakteri Listeria tak akan menunjukkan gejala apapun. Orang itu juga tidak merasa sakit dalam infeksi tahap awal.

Selanjutnya jika kondisi sudah akut akan terasa sakit kepala, kekakuan, demam, dan nyeri otot. Pingsan dapat terjadi pada beberapa orang, hingga bakteri mengkontaminasi organ penting.

Untuk menghindari kejadian ini Anda harus pastikan telah mencuci bersih sayur mentah yang akan dikonsumsi. Mencuci berkali-kali dengan salah satunya direndam dalam cairan garam atau cuka apel mampu membunuh bakteri yang menempel.

 

Komentar Anda