Scroll to Top

Tips Karir dari 2 Milyader yang tak Pernah Lulus Kuliah

By Ibnu Azis / Published on Friday, 13 Jan 2012
Trio facebook
Mark Zuckerberg, Dustin Moskovitz, dan Sean Parker

Universitas merupakan gerbang sukses menuju masa depan. Namun tidak sedikit dari mereka yang tidak finish dengan sempurna di almamaternya. Entah itu dikarenakan akibat hilangnya konsentrasi belajar, aktivitas yang menyibukkan di luar kuliah, atau memang mahasiswa tersebut bengal.

Apakah Anda mengenal nama Dustin Moskovitz dan Sean Parker? Mereka adalah sedikit dari dua milyader yang berhasil mentasbihkan namanya sebagai orang-orang terkaya (billionaires) tanpa pernah menyelesaikan bangku perkuliahan.

Dustin Moskovitz adalah salah satu co-founder Facebook. Bersama Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin, dan Chris Hughes, mereka bersama-sama menderikan jejaring sosial yang kini mendekati angka pengguna mencapai 1 milyar.

Dustin
Dustin Moskovitz

Dustin Moskovitz, yang total kekayaannya ditaksir mencapai USD 2,5 milyar berpendapat, kami (Facebook team) selalu dapat kembali. Jika Facebook tidak bekerja dengan keras dan sukses seperti sekarang, ia mungkin akan kembali belajar di Harvard.

“Aku bisa saja pergi kembali ke Harvard kapan saja. Teman-teman saya mungkin tidak ada lagi. Aku mungkin harus memulai dari awal sosial. Itu risiko. Tapi itu risiko yang cukup kecil dibandingkan dengan peluang pada saat itu,” papar Dustin Moskoitz pada Forbes dan dikutip SidomiNews.

Lain lagi dengan Sean Parker. Pria yang ditaksir kekayaannya mencapai USD 2,1 milyar ini, adalah pendiri Napster dan salah satu sosok kunci sukses berhasilnya Facebook di awal-awal berdiri. Sean Parker sangat ekstrim.

sean
Sean Parker

Ia sangat nyentrik. Dan bahkan berani berpendapat untuk tinggalkan saja bangku kuliah, dan mencari pendidikan (ilmu pengetahuan) di Google.

“Ketika alat ini (Google) luar biasa dalam memberikan pengetahuan dan pembelajaran yang tersedia untuk seluruh dunia, pendidikan formal menjadi kurang dan kurang penting. Kita harus berharap untuk melihat munculnya jenis baru pengusaha yang telah memperoleh sebagian besar pengetahuan mereka melalui eksplorasi diri,” tegasnya.

Memang terkesan dua tokoh tersebut sangat radikal. Namun apakah Anda mengetahui, dari list 400 orang terkaya versi Forbes, 36 tokoh diantaranya adalah college dropout atau tak pernah lulus kuliah.

Well, apakah Anda tidak pernah kuliah atau tidak lulus kuliah, jangan berkecil hati. Banyak nama-nama tenar yang tidak pernah menyelesaikan bangku kuliahnya namun mampu sukses di masa depan.

Mark-Zuckerberg-Steve-Jobs-Bill-Gates
Mark Zuckerberg, Steve Jobs, dan Bill Gates

Sebut saja Bill Gates, Setve Jobs, Mark Zuckerberg, atau dua tokoh di atas. Mereka dapat menjadi inspirasi dan motivasi kita bersama jika tidak (lulus) kuliah pun bukan menjadi jalan buntu untuk berhasil dan sukses di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda