Scroll to Top

Mencari Siapa Pemilik Alexis: Kisah Alex Tirta, Gebrakan Anies & Pajak 30 Miliar

By vratislav / Published on Wednesday, 01 Nov 2017

Hotel Alexis Jakarta Sandiaga Uno Janji Tutup Semua Tempat Prostitusi!

Siapa pemilik Alexis, hotel yang izinnya tidak diperpanjang oleh Pemprov DKI Jakarta? Penelusuran merujuk pada nama pengusaha Alex Tirta. Namun tidak sebatas di sana saja. ‘Penutupan’ Alexis juga membuka mata publik pada manuver yang dilakukan oleh gubernur baru DKI Jakarta, Anies Baswedan, juga soal pajak Rp 30 miliar yang dibayarkan Alexis tiap tahunnya.

Menutup Alexis menjadi salah satu janji politik Anies Baswedan saat kampanye dalam Pilgub DKI Jakarta 2017. Dan kini dua minggu setelah menduduki jabatan gubernur, Anies melakukan ‘gebrakan’ dengan langkah yang disamakan dengan ‘menutup Alexis’. Gebrakan tersebut langsung menuai reaksi dari pihak Alexis sendiri.

Dalam konferensi pers yang digelar pada Selasa (31/10) Legal Corporate Hotel Alexis Lina Novita membeberkan fakta bahwa pihaknya selama ini mematuhi aturan, termasuk soal pajak. Katanya, “Kami taat pajak, per tahun kami bayar sampai Rp 30 miliar. Sudah include semuanya. Kalau pajaknya sebesar itu bisa dibayangkan berapa omzetnya.”

Atas dasar ketaatan itulah, Lina Novita tidak menyangka Pemprov DKI Jakarta bakal tidak memperpanjang izin usaha seperti yang terjadi saat ini. Namun Lina juga menegaskan, Alexis akan melakukan audiensi dengan Pemprov DKI untuk mencari tahu alasan ‘penutupan’ Alexis.

Di sisi lain, Anies Baswedan mengingatkan, seharusnya penegakan aturan tidak dikalahkan oleh pemasukan. Anies menyebut, Pemprov DKI Jakarta eranya ingin mendapatkan uang dari bisnis yang halal. Entah berapapun besarnya uang yang masuk, jika caranya melanggar aturan, maka itu sama saja dengan sia-sia.

Ahmad Dhani-Mulan Jameela-Anies Baswedan

“Kami ingin uang halal. Kami ingin dari kerja halal. (Uang yang didapatkan dari cara ‘haram) Tidak berkah … Bagi daerah seperti Jakarta ini, pemasukan dari mana tidak ada artinya dibandingkan dengan tegaknya aturan dan Perda-nya ada.”

Rekam jejak pemilik Alexis sendiri mengarah pada nama Alex Tirta. Hal ini terlihat ketika Abraham Lunggana alias Haji Lulung , wakil ketua DPRD DKI Jakarta dari PPP pernah menyentil Alexis pada Februari 2016 lalu. Kala itu Lulung menyebutkan, “Alexis izinnya griya sehat. Ada pelacuran di sana. Mau enggak Ahok tertibkan di sana?”

Ucapan tersebut ditimpali oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang kala itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Ahok menyampaikan kalimat ikonik, “Di Alexis itu lantai tujuhnya surga dunia loh. Di Alexis itu bukan ‘surga di telapak kaki ib’u loh, tapi lantai 7 (yang bagaikan surga).”

Terkait hal ini, Alex Tirta seperti yang terekam dari berbagai media, menyebutkan, “Sudah, dengerin saja.”

Alex Tirta sendiri lebih mudah terlacak terkait kiprahnya sebagai Ketua Umum Pengprov PBSI DKI Jakarta 2015-2019. Selain itu di PBSI Pusat, Alex menjabat sebagai Wakil Ketua Umu I untuk periode 2016 hingga 2020. Tugas yang ditanganinya adalah bidang pembinaan prestasi, pelatnas, juga pengembangan prestasi dan sains olahraga.

Komentar Anda