Scroll to Top

Sejarah Perkembangan Helm, Ternyata Sudah Ada Sejak Jaman Yunani Kuno

By C Novita / Published on Friday, 03 Nov 2017

helm

Helm adalah salah satu sebab banyak pengendara kendaraan roda dua ditilang dalam Operasi Zebra 2017 yang sedang berlangsung sejak 1-14 November ini. Alat pengaman kepala itu wajib digunakan apabila Anda berkendara di jalanan, jadi jangan sampai lupa.

Ternyata tidak hanya ada di era modern, saat kendaraan roda dua merajai jalan raya lho. Helm pun sudah dipakai dan dibuat bahkan sejak peradaban Yunani Kuno dulu. Di zaman abad pertengahan, Romawi klasik, helm dipergunakan sebagai perlengkapan perang.

Sama fungsinya seperti helm di era modern, kala itu juga helm bertugas mengamankan kepala. Tidak hanya di wilayah Eropa, di Asia pun helm sudah banyak dipakai dalam berbagai peperangan. Apalagi saat itu jika berperang orang masih menggunakan senjata jarak dekat seperti pedang, tombak, dan panah. Helm baja masih mampu menahan tebasan dan tusukan senjata tersebut bagi pemakainya.

Namun saat senjata seperti pistol dan peluru dengan kecepatan dan daya bunuh lebih mematikan muncul yakni mulai tahun 1670an, pemakaian helm saat perang makin menurun.

Menurut Wikipedia, pada abad ke-18 bahkan tentara infantri sudah jarang yang memakainya.

Akan tetapi saat Napoleon memimpin tentara kavalerinya, ia kembali mewajibkan helm digunakan. Ini karena mulai banyaknya senjata berat seperti bom yang dipakai saat Perang Dunia I. Helm dianggap mampu melindungi kepala dari serpihan bom.

Helm pun makin bervariasi dalam penggunaan dan fungsinya sebagai pengaman, sejak jaman modern. Tidak lagi terbatas saat sedang perang saja.

Kini ada macam-macam helm yang diciptakan dan desainnya berbeda, semisal helm untuk mengendarai sepeda motor, helm untuk sepeda kayuh, helm olahraga (misal untuk outbond, skateboarder, dll).

Helm sepeda kayuh pun macam-macam, ada helm mountain bike, helm road bike, juga helm downhill. Di dunia industri dikenal ada helm proyek yang dikenakan oleh pekerja demi keamanan kerja mereka.

Yang jelas jangan lupa mengenakan helm untuk keamanan dan demi menaati peraturan yang ada agar tidak melanggar hukum.

 

 

 

 

Komentar Anda