Scroll to Top

10 Tim Termahal Dunia 2017: Manchester City Kalahkan Barca & Madrid

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 07 Nov 2017

Hasil Liga Champions 2017 Manchester City vs Shakhtar Donetsk 2-0

Manchester City sukses mengalahkan Barcelona dan Real Madrid dalam daftar 10 tim  termahal dunia 2017 versi CIES Football Observatory. The Citizens memiliki skuat yang bernilai nyaris 1,2 miliar Euro. Jumlah ini jauh meninggalkan Madrid, sang juara Eropa yang hanya berada di urutan keenam.

Dalam menyusun daftar tim dengan skuat paling mahal ini, CIES menggunakan algoritma khusus yang mengukur nilai para pemain berdasarkan umur, kontrak, hingga performa di lapangan. Hasilnya, Manchester City memiliki skuat seharga 1,196 miliar Euro. Melihat yang terjadi di Liga Inggris saat ini, tidak mengherankan jika mereka yang nomor satu.

Manchester City mencatatkan 31 poin hasil dari 10 kemenangan dan 1 seri dalam 11 laga; yang membuat mereka jauh meninggalkan Manchester United sang urutan kedua dengan 23 poin. Hanya Barcelona yang bisa menyamai rekor spektakuler City musim ini. Dan tidak aneh pula, jika pemain termahal mereka saat adalah Kevin De Bruyne. Gelandang internasional Belgia yang menjadi kunci The Citizens ini dihargai 144,5 juta Euro.

Yang menarik, ternyata tim dengan skuat termahal berikutnya bukanlah Barcelona atau Real Madrid, melainkan Tottenham Hotspur. Mereka mendapatkan nilai 1,173 miliar Euro dengan pemain termahal Harry Kane yang angkanya mencapai 186 juta Euro.

Barulah di urutan ketiga, Barcelona tampil dengan nilai 1,130 miliar Euro. Namun pemain termahal mereka bukanlah Lionel Messi, melainkan Luis Suarez, yang dibandingkan dengan harga belinya dahulu dari Liverpool, kini dipatok pada angka 134 juta Euro.

Sebaliknya, Real Madrid harus puas berada di urutan keenam dalam urusan ini. Nilai skuat Los Blancos diperkirakan CIES hanya mencapai 903 juta Euro, dengan pemain termahal mereka adalah Cristiano Ronaldo (96 juta Euro). Atau dapat dikatakan, harga Gareth Bale sudah jatuh dari nilai ‘seharusnya’ 100 juta Euro.

Tercatat dalam 10 besar klub dengan skuat termahal di dunia, ada lima di antaranya yang berasal dari Liga Inggris: Manchester City, Tottenham, Chelsea, Manchester United, dan Liverpool. Sementara Liga Spanyol memiliki tiga wakil: Barca, Real Madrid, dan Atletico Madrid. Akan halnya Liga Prancis hanya satu, PSG. Begitu pula Liga Italia dengan Juventus yang ada di urutan terakhir dalam 10 besar.

10 Tim Termahal Dunia 2017 Manchester City Kalahkan Barca & Madrid

Komentar Anda