Scroll to Top

Barcelona Lebih Baik Tanpa Neymar, Ini Alasannya!

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 10 Nov 2017

Hasil ICC 2017 Barcelona vs MU 1-0, Gol Tunggal Neymar 1

Barcelona tampil lebih baik tanpa Neymar. Demikian yang disampaikan oleh Jordi Alba. Meskipun sang bek kiri mengakui bahwa Neymar termasuk salah satu pemain terbaik dunia, Alba menyebut, Barca kini lebih seimbang sejak sang bintang memutuskan pergi ke PSG dan memecahkan rekor transfer dunia.

Di awal musim, ada yang menggelisahkan fans Barcelona. Apa lagi kalau bukan fakta bahwa sekarang, mereka tidak bisa melihat lagi Trio MSN di lini depan tim. Hanya tersisa Lionel Messi dan Luis Suarez. Namun nyatanya, Barca malah tidak terkalahkan di Liga Spanyol hingga jornada 11.

Tidak hanya itu, Barcelona mengoleksi 31 poin unggul empat angka dari pesaing terdekat Valencia. Tidak kalah penting, Barca meninggalkan Real Madrid dan Atletico Madrid, dua tim paling mampu mengejar mereka tiap musimnya, dengan perbedaan delapan poin. Meski kompetisi masih jauh, tidak salah jika ada yang menyebut, Barca bakal menaklukkan La Liga sekali lagi.

Hal ini sedikit mengherankan. Pasalnya, justru ketika Trio MSN lenyap, Barcelona lebih stabil meraih kemenangan. Menurut Jordi Alba, sejatinya ini tidak mengherankan. Pasalnya, ketika Neymar pergi, keseimbangan tim justru lebih terjaga. Terutama di posisi Alba, yang kini leluasa dalam menyerang dan bertahan.

Kepada Mundo Deportivo, Alba menjelaskan, “Neymar adalah pemain hebat, yang karena keadaan dan pikirannya, memutuskan pergi (ke PSG). Pada akhirnya, masih banyak lagi pemain Barca yang bisa melakukan kerja dengan baik.”

Neymar

“Seperti yang saya katakan sebelumnya, saya memiliki lebih banyak ruang untuk berlari (di sisi kiri) dan jujur, bagi saya, ini jauh lebih baik. Saya mendapatkan kepercayaan diri kembali (yang sempat hilang karena berbenturan ruang dengan Neymar).”

“Dengan lebih banyak ruang di sebelah kiri saya merasa sangat nyaman dan itu ditunjukkan di lapangan, saya menikmati peran yang sudah lama tidak saya rasakan.”

Saat ini Jordi Alba adalah penyumbang assist terbanyak di Barcelona bersama Lionel Messi, sebanyak empat kali. Alba juga menjadi pelayan yang baik untuk Messi yang sekarang berperan lebih ke tengah, sebagai nomor sembilan palsu.

Tentang Messi, Alba hanya bisa memberikan pujian, “Memahami pemain terbaik dunia adalah hal yang sangat mudah. Sejak saya tiba(di Barcelona), kami selalu saling mencari satu (koneksi) sama lain. Merupakan suatu kehormatan bermain dengannya; saya berharap ada banyak lagi umpan dan koneksi (antara kami berdua).”

Komentar Anda