Scroll to Top

Dovizioso Tak Cukup Ampuh Untuk Duel vs Marquez di GP Valencia 2017

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 11 Nov 2017

Dovizioso Tak Cukup Ampuh Untuk Duel vs Marquez di GP Valencia 2017 5

Andrea Dovizioso mengakui, jika hanya melihat dari hasil sesi latihan bebas pada Jumat, 10 November, maka ia berada dalam bahaya besar. Sang pebalap Ducati merasa tak cukup ampuh untuk berduel dengan Marc Marquez di GP Valencia pada Minggu (12/11) mendatang. Apa alasannya?

Untuk menjadi juara MotoGP 2017, Andrea Dovizioso harus menang di Grand Prix Valencia akhir pekan ini. Tidak hanya itu, dia harus berharap, Marc Marquez mengalami crash atau setidaknya finish di 12 besar. Sialnya sesi perdana GP Valencia Jumat lalu menunjukkan tanda-tanda ‘negatif’.

Bicara kecepatan perlap, baik di sesi FP1 maupun FP2, Andrea Dovizioso bukanlah pebalap tercepat. Ia secara keseluruhan ada di urutan ketiga, kalah dari sang rekan setim Jorge Lorenzo dan pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa.

Meski ada di atas Marc Marquez dalam sesi kemarin, Dovi menegaskan, jika bicara soal kecepatan saat race, kemungkinan besar ia belum memenuhi syarat untuk bertarung dengan Baby Alien. Katanya dikutip dari Motorsport.com, “(Saya) bahagia dengan hasilnya, posisi hari ini (Jumat).”

“Tapi saya tahu, yang kami lakukan hari ini baik, cuma tidak cukup. Tentu saja Dani dan Marc punya kecepatan yang lebih baik dibandingkan siapapun, dengan ban yang sudah terpakai. Hal ini sudah kami perkirakan sebelumnya, jadi saya tidak terkejut. Inilah kenyataan saat ini.”

Dovizioso Tak Cukup Ampuh Untuk Duel vs Marquez di GP Valencia 2017

Andrea Dovizioso dikenal sebagai raja taktik. Terutama musim ini, ketika ia berhasil mendapatkan enam kemenangan di MotoGP 2017. Motor Desmosedici GP17 dibawanya menembus dimensi baru. Lalu, apa taktik Dovi untuk bisa mengalahkan Marc Marquez dalam perlombaan?

Menurut sang pebalap Italia, saat ini yang terpenting adalah, “Kami harus membuat kecepatan bisa konstan selama 30 lap beruntun. Kami harus mendapatkan perkembangan terutama di tengah tikungan, ketika saya tidak cukup cepat.”

Marc Marquez mengalami crash di sesi latihan bebas kemarin. Dan andai itu terjadi saat lomba, peluang Andrea Dovizoso juara bakal membubung tinggi. Namun Dovi menegaskan, hal itu tidak penting.

“Marc nyatanya crash sekian kali dalam kariernya, terutama musim ini (tapi dia tetap tampil apik saat lomba). Tapi, kecepatannya yang ditampilkan Jumat ini sangat kilat.”

Komentar Anda