Scroll to Top

Marc Marquez Juara MotoGP Empat Kali, Pecah Rekor Valentino Rossi

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 13 Nov 2017

Marc Marquez Juara MotoGP Empat Kali, Pecah Rekor Valentino Rossi

Marc Marquez mencatatkan diri sebagai juara MotoGP empat kali berkat kemenangannya di MotoGP 2017. Dengan demikian, Baby Alien memecahkan setidaknya tiga rekor besar. Termasuk rekor bersejarah milik sang rival Valentino Rossi. Apakah itu?

Musim ini, Marc Marquez sukses mempertahakan gelar MotoGP. Setelah menang pada 2013, 2014, dan 2016, Baby Alien tampaknya belum mau mengakhiri dominasinya di kelas teratas. Ia bahkan meraih 37 poin lebih banyak daripada sang runner-up kompetisi, Andrea Dovizioso (Ducati).

Sejak menaklukkan MotoGP di tahun debutnya, 2013, Marc Marquez memang diyakini bakal menyapu semua rekor yang pernah tercatat. Namun yang dilakukannya tetap saja luar biasa. Rekor yang pecah pada Minggu (12/11) lalu adalah rekor milik Mike Hailwood.

Sebelumnya Hailwood memliki catatan sebagai juara empat kali di kelas teratas, dengan usia paling muda. Pasalnya, sang pebalap Inggris juara pada 1965 dengan usia 25 tahun dan 107 hari. Tapi yang dilakukan Marquez 52 tahun kemudian, lebih sensasional.

Baby Alien juara MotoGP 2017 dalam usia 24 tahun dan 268 hari.

Marc Marquez Resmi Juara MotoGP 2017 4

Rekor lain yang pecah, adalah rekor milik Valentino Rossi. Sebelumnya The Doctor menjadi pebalap termuda yang mampu menjadi juara balapan seluruh kelas MotoGP enam kali. Dan kini, Marquez menyamai rekor itu di usia yang lebih muda. Baby Alien memenangi 1 gelar 125 cc, 1 gelar Moto2, dan empat gelar MotoGP semuanya bersama Honda.

Selain itu, Marc Marquez juga mencatatkan prestasi sebagai pebalap pertama dalam 69 tahun gelaran MotoGP yang mampu meraih minimal lima kemenangan seri setiap musim, dalam delapan musim beruntun. Musim ini, Marquez meraih enam kemenangan.

Melihat usia Marc Marquez yang kini masih 24 tahun, jelas dia akan menjadi ancaman serius bagi Valentino Rossi di kemudian hari; untuk merebut gelar lebih banyak dibandingkan The Doctor. Saat ini, Rossi memiliki tujuh gelar juara dunia MotoGP dan dua gelar lain di kelas lebih bawah. Marquez, hanya berbeda tiga gelar darinya dengan usia yang berbeda 14 tahun.

Komentar Anda