Scroll to Top

Ini 5 Tanda Tubuh Sedang Kekurangan Serat, Waspada

By C Novita / Published on Monday, 13 Nov 2017

sakit jantung

Banyak orang yang meragukan, atau bahkan mengabaikan pentingnya serat bagi kesehatan tubuhnya. Padahal fungsi serat banyak lho, antara lain untuk menjaga agar sistem metabolisme tetap lancar, menyehatkan pencernaan, dan mengatur fungsi tubuh.

Ada beberapa tanda yang akan diberikan oleh tubuh apabila asupan serat Anda kurang dan tidak mencukupi kebutuhan. Berikut ini sinyal tubuh bila sedang kekurangan serat, dikutip dari laman Times of India:

Mudah lapar walau baru makan

Serat membuat proses cerna berjalan lebih lambat sehingga rasa kenyang akan lama bertahan. Dilansir thehealthsite.com, jika Anda mudah lapar lagi padahal baru saja makan, ini tanda kurang serat dalam menu Anda.

Kekurangan energi dan lemas

Makanan yang kaya karbohidrat, akan membuat energi meningkat cepat dan turun dengan cepat pula. Alhasil Anda akan mudah bertenaga, namun juga cepat lemas. Produksi insulin pun jadi lebih banyak disebabkan perubahan kadar gula yang mendadak ini. Berbeda jika makan serat, amak proses pencernaan lambat, kadar gula naik perlahan, energi naik perlahan dan tidak membuat insulin diproduksi berlebihan.

Sembelit

Susah buang besar atau sembelit pun tanda bahwa Anda kurang asupan serat. Proses pencernaan membutuhkan serat dari sayuran, buah dan berbagai jenis kacang-kacangan agar tetap lancar dan bekerja baik.

Berat badan sulit turun

Bila Anda sulit menurunkan berat badan dan gagal diet, bisa jadi dalam asupan makanan Anda sebenarnya kurang jumlah serat. Serat juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan lho.

Penyakit jantung

Menderita penyakit yang berkaitan dengan jantung, coba cek lagi asupan serat dalam menu Anda. Serat akan bekerja menurunkan kolesterol bila dipadu nutrisi lain seperti zat besi, zinc, dan vitamin B. Kolesterol yang tinggi adalah pemicu penyakit jantung. Semoga bemanfaat,

 

 

Komentar Anda