Scroll to Top

Naikkan Trombosit Darah dengan 9 Cara Alami dan Enak Ini Yuk

By C Novita / Published on Tuesday, 14 Nov 2017

golongan darah

Turunnya trombosit darah dengan drastis umumnya dialami oleh penderita sakit demam berdarah dan typus. Kondisi ini dapat membahayakan jiwa seseorang, apalagi jika terjadi pada anak-anak yang sulit minum obat untuk mempercepat pembentukan trombosit darahnya.

Cara lain yang dapat menaikkan jumlah trombosit ke level normal pun ada. Bahkan dilakukan tanpa obat, yakni memakai cara alami. Berikut ini 10 cara yang dapat Anda lakukan untuk menambah jumlah trombosit tanpa obat kimia:

Jus jambu biji

Ini adalah cara alami yang sudah banyak diketahui orang, yakni minum jus jambu biji merah. Rahasianya ada pada kandungan vitamin C dosis tinggi yang terdapat di dalam jus jambu merah, sehingga membantu tubuh untuk memproduksi trombosit secara alami dan cepat.

Bayam

Adanya vitamin K dalam sayur bayam pun dibutuhkan pada proses pembentukan sel darah dan trombosit. Anda bisa secara rutin memberikan sayur bayam yang direbus saja, atau diolah menjadi jus agar memudahkan anak mengonsumsinya.

Biji-bijian

Jenis biji-bijian seperti chia sheed kaya akan vitamin B9, yang berguna untuk proses pembentukan sel darah dan trombosit.

Kacang-kacangan

Jenis ini enak sekali dijadikan kudapan, semisal kacang almond, walnut, pistachio, vitamin D, K, serat dan fibrinogen yang membantu dalam penyerapan kalsium. Proses tersebut juga baik untuk pembentukan trombosit.

Makanan sehat

Berbagai jenis makanan sehat sebenarnya berperan besar dalam pembentukan trombosit dan penyembuhan tubuh. Karena itu jangan sampai lupa selalu konsumsi buah dan sayur setiap harinya.

Jauhi junk food

Menjauhi junk food dan makanan yang banyak minyak, kadar gula tinggi, alkohol serta kafein juga dianjurkan, sebab semua itu memperlambat pembentukan trombosit dalam darah.

Vitamin B12 dan asam folat

Produksi trombosit butuh banyak zat penting semisal vitamin B12 dan asam folat pula. Anda bisa temukan nutrisi tersebut dalam buah jeruk, bayam, kacang, telur, susu, keju, hati ayam, daging kambing.

Asam lemak omega 3

Beberapa jenis ikan pun mengandung nutrisi asam lemak omega 3, yang dibutuhkan untuk produksi trombosit. Jika enggan makan ikan, suplemen minyak ikan dapat jadi alternatif.

Minum air hangat

Konsumsi air hangat usai makan, dan saat hendak beristirahat agar nutrisinya mudah diserap oleh tubuh. Jika nutrisi terserap dengan baik, maka proses pembentukan berbagai sel akan maksimal. Termasuk juga terbentuknya trombosit.

 

 

 

 

Komentar Anda